RAPAT SENAT POLNEP DALAM RANGKA DIES NATALIS KE-30


Usia 30 tahun bagi Politeknik Negeri Pontianak bukanlah usia muda, ibarat manusia sudah memasuki usia dewasa. Di usia 30 ini yang kita peringati sekarang ini merupakan momentum  dan sekaligus refleksi dari berbagai upaya yang telah dan sedang kita lakukan dalam melaksanakan berbagai program untuk mewujudkan visi dan misi global Polnep. Perjalanan waktu 30 tahun Politeknik Negeri Pontianak telah memberi warna dalam peningkatan sumber daya manusia di Indonesia umumnya dan khususnya di Kalimantan Barat, ujar Direktur Ir. H. Muhammad Toasin Asha, M.Si mengawali sambutannya pada rapat senat terbuka dalam rangka dies natalis Politeknik Negeri Pontianak ke-30.  
Diungkapkannya, sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi, Politeknik Negeri Pontianak telah menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan dan penalaran ilmu pengetahuan dan teknonologi, yaitu lulusan yang disiapkan menjadi praktisi untuk memasuki dunia kerja sesuai bidang keahlian masing-masing. Saat ini Politeknik Negeri Pontianak memiliki 8 Jurusan dengan 21 Program Studi. Disamping itu, Politeknik Negeri Pontianak  membina 7 Prodi di luar domisili (PDD), yaitu PDD rintisan AK Singkawang (2 prodi), PDD  rintisan AK Polewali Mandar (2 prodi) dan PDD rintisan Poltek Kapuas Hulu (3 prodi). Lebih lanjut dikatakannya, bahwa  dari 21 prodi yang ada di Politeknik Negeri Pontianak, yang terakreditasi B sebanyak 15 prodi dan 6 prodi (sebagian prodi baru) masih terakreditasi C, yg saat ini dalam proses reakreditasi. Dan yg membanggakan, Polnep secara institusi juga sudah terakreditasi dengan nilai B. Target kedepannya (renstra 2015-2019), minimal 3 prodi terakreditasi dengan nilai A demikian juga dengan akreditasi Institusi, tegasnya.
Direktur Politeknik Negeri Pontianak mengatakan bahwa jumlah mahasiswa aktif saat ini sebesar 4.243 orang, pertumbuhan peminat dalam 5 tahun terakhir menunjukkan kenaikan 24,44 %. Jumlah pegawai saat ini 501 orang yg terdiri dari dosen PNS 245 orang, dosen dengan perjanjian kerja 20 orang, tendik PNS berjumlah 165 orang , tendik non PNS sejumlah 71 orang. Jumlah sarana dan prasarana saat ini mencapai 479 milyar (nilai bruto) yg terdiri dari tanah, peralatan dan mesin, gedung bangunan, jalan, jaringan, software, buku dan aset tetap lainnya.

                           

Dalam mewujudkan Visi, Misi, tujuan dan sasaran, Polnep memiliki tahapan sasaran strategis pengembangan jangka panjang meliputi: Penataan Sistem Tata Kelola (2001-2005); Peningkatan Tata kelola dan pencitraan publik (2006-2010); Peningkatan Mutu, relevansi dan peningkatan akses pendidikan (2011-2015); Peningkatan daya saing daerah dan nasional (2016-2019) dan Peningkatan daya saing Global (2020-2025). Tema peringatan Dies Natalis 30 Politeknik Negeri Pontianak adalah “Proud to build the nation” (Bangga Membangun Negeri). Tema ini dipilih untuk menekankan bahwa sekarang ini saatnya Politeknik Negeri Pontianak dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi lebih memperhatikan dampak dari aktivitasnya. Dengan kata lain, lebih dapat memerankan dirinya sebagai agent of vocational education dan agent of aplied research and development.  
Alhamdulillah citra Politeknik Negeri Pontianak dalam meningkatkan dan mengembangkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan kompeten dalam bidang keahliannya semakin menunjukkan peningkatan dan  kepercayaan masyarakat  terhadap Politeknik Negeri Pontianak semakin tinggi. Sehingga harapan untuk mewujudkan Politeknik Negeri Pontianak sebagai Pusat Unggulan (centre of exelences), Pusat Standar (centre of standar), dan Pusat Inovasi dan Kreativitas (Centre of inovation and creativity) semakin mendekati kenyataan.
Untuk mewujudkan harapan tersebut, Politeknik Negeri Pontianak telah dan sedang melakukan pembenahan-pembenahan baik sarana dan prasarana maupun program kerja. Aset-aset yang dimiliki bernilai ekonomis namun belum dikelola secara profesional atau kurang mendapat perhatian, secara bertahap dibenahi dan dikelola secara profesional. Pabrik mini sawit yang semula berada di tengah kampus dan tidak dapat dioperasikan direlokasi ke lahan kebun sawit di mega timur dan alhamdulillah saat ini sudah dapat dioperasikan sehingga mahasiswa dapat melakukan kegiatan praktik kerja pada industri nyata (teaching industri). Demikian halnya dengan lahan empang yang ada di Mempawah telah dan sedang dibenahi, dengan melakukan pola kegiatan secara terintegrasi antar prodi (praktek pengoperasian alat berat Prodi D1 alat berat di lahan empang), maka saat ini sudah terbentuk dua petak empang yang berisi ikan bandeng dan udang. Kedepannya, Mempawah akan dijadikan sebagai Pusat Unggulan Teknnologi (PUT) Perikan. Sekarang ini sudah dibentuk struktur organisasinya. Hal lain yang juga menjadi perioritas perogram adalah pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang merupakan salah satu wujud continuous impropvement yang saat ini dan ke depan diterapkan di Politeknik Negeri Pontianak. Dan Alhamdulillah, Assessor dari BNSP telah melakukan visitasi untuk proses pemberian lisensi. Jika LSP kita sudah berlisesni, maka TUK di masing-masing prodi sesuai skema bidang kompetensi dapat melakukan sertifikasi.
Dijelaskannya, eksistensi sertifikasi kompetensi kerja dewasa ini sangat krusial karena sertifikasi kompetensi kerja merupakan suatu pengakuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan, dengan demikian sertifikasi kompetensi memastikan bahwa tenaga kerja (pemegang setifikat) tersebut terjamin akan kredibilitasnya dalam melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Nantinya, lulusan Polnep tidak hanya diberi ijazah, tetapi juga sertifikat kompetensi sehingga mereka para lulusan itu daya saingnya di pasar kerja baik nasional maupun internasional semakin baik.
Direktur Politeknik Negeri Pontianak Ir. H. M. Toasin Asha, M.Si menekankan bahwa untuk menunjang kegiatan praktikum mahasiswa dan penelitian dosen,maka beberapa laboratorium yang dimiliki prodi telah dilengkapi peralatan laboratorium yang cukup canggih dan masuk dalam kategori laboratoium yang memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikasi ISO Lab.17025. Khususnya  laboratorium yang ada di Prodi TPHP dan BDP yang mendapat hibah PEDP ADB loan akan dipersiapkan untuk mengajukan akreditasi lab ISO 17025.  
Sejalan dengan kebijakan kementrian ristekdikti yang mengharapkan lulusan politeknik mempunyai kompotensi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan industri (link and match), Polnep telah melakukan kerjasama dengan berbagai instansi dan industri untuk mewujudkan harapan tersebut. Diantaranya, dengan UT dalam proses pembelajaran dan praktek pada prodi Operator dan perawatan alat berat, dengan Kanwil Pajak mendirikan Tax Centre, dengan BI difasilitasi BI corner, dengan BRI Syariah difasilitasi Bank Mini, dengan Bumi Putra Sekuritas difasilitas Galeri Investasi.  
Pengokohan Polnep sebagai perguruan tinggi kelas dunia (World Clas University) yang merupakan perwujudan visi global Polnep, maka langkah strategis yang tengah diupayakan  antara lain dengan melakukan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dunia yaitu dengan Universite de Valenciennes, Prancis (sudah berjalan pertukaran mahasiswa/magang); Universitas of Leicester, Inggris (pengembangan staf dan Join research) dan beberapa  PT di Malaysia (pertukaran mahasiswa, seminar bersama, dosen tamu).  Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 24 April 2017, Polnep kembali menjalin kerjasama dengan lima perguruan tinggi di Prancis, yaitu Universite de Lorraine (pertukaran mahasiswa), Universite de Cergy-Pontoise, Universite Lille Science et Technologies, Universite of Artois, dan Universite du Littoral Cote d’Opale. Pada pidatonya Direktur Politeknik Negeri Pontianak sangat berterima kasih kepada pihak instansi/industri yang telah memberikan bantuan beasiswa, yaitu Lippo Group, PT Telkom, Bank BNI 46, Bank Kalbar, Perusahaan sawit PT.Citra Sawit Cemerlang
Demikian halnya kepada instansi/ industri yg telah mempercayakan Polnep dalam rekruitmen karyawannya ( PT  Indonesia Powers, PT Pertamina, PT WHW, PT Quality Indonesia ) dan pelatihan karyawan (PDAM Pontianak, PT Icha). Lebih lanjut diungkapkannya, momen Dies Natalis ke-30 Polnep juga menjadi penting artinya, karena Polnep akan memberikan penghargaan yaitu Polnep Award kepada para pimpinan pemerintah daerah yang dinilai telah melakukan usaha secara sungguh-sungguh dengan komitmen yang tinggi dalam membangun dan mengembangkan sumberdaya manusianya melalui Pendidikan Tinggi vokasional (Politeknik atau akademi komunitas).  Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi Pimpinan Daerah lainnya untuk terus-menerus dan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas sdm di wilayahnya masing-masing. Apalah artinya sumber daya alam dan pendapatan daerah melimpah jika tidak tersedia sumberdaya manusia yang berkualitas dan terampil untuk mengelola potensi daerah tersebut. 30 tahun bukanlah perjalanan  yang singkat, up and down dengan segala dinamikanya tentunya telah kita rasakan,  namun sama sekali tidak akan menyurutkan semangat kita untuk terus bekerja keras, bekerja cerdas,dan bekerja tulus dan ikhlas demi memberikan pendidikan berkualitas bagi anak bangsa.
Pada kesempatan yang sangat berahagia ini, izinkan saya atas nama manajemen dan seluruh civitas akademika Polnep menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para Pimpinan UNTAN yang telah membimbing kami di masa-masa awal pendirian Politeknik, masa bergabung dengan UNTAN selama 10 tahun, dan masa kemandirian sampai saat ini. Kepada Prof .Hadari (alm), Prof  Mahmud Akil (alm), Ibu Pur, Prof Asniar, Prof. Chairil Efendi dan Prof Dr.Thamrin,DEA kami sangat berterima kasih, Bapak dan ibu adalah pahlawan bagi kami yang telah sangat berjasa dalam membangun dan mengembangkan Politeknik ini.
Demikian halnya kepada para Direktur terdahulu, mulai  dari Bapak Ir.H.Purwanto,M.Sc, Bapak Prof. H.Abd.Hamid, M.Eng, Ibu Hj. Dr. Nurmala, Bapak Ir. H.M.Abduh, MT, dan Bapak.Mahyus,S.Pd,SE,M,M. ucapan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas segala pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran selama memimpin kami. Kami meyakini bahwa Bapak dan Ibu telah berusaha dan bekerja keras serta memberikan yang terbaik dimasa kepemimpinan bapak dan ibu sehingga pembangunan dan pengembangan Polnep secara berkelanjutan dapat dirasakan sampai saat ini. Apapun capain Polnep sampai saat ini, tentunya bukanlah pekerjaan satu orang atau sekelompok orang, melainkan kontribusi semua elemen masyarakat Polnep, termasuk para mahasiswa dan alumni, pemerintah daerah baik Provinsi maupun kabupaten/kota, dan para stake holder yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, ujarnya mengakhiri sambutannya.
(Erwandi – Pranata Humas Muda)


Baca Juga...


  • MAHASISWA POLNEP KIBARKAN BENDERA BAWAH LAUT

    Berbagai macam cara merayakan hari Kemerdekaan RI tak terkecuali HUT RI ke-72. Rasa cinta tanah air dan menumbuhkan kecintaan bahari inilah yang mendorong sekelompok generasi untuk melaksanakan upacara yang tidak biasanya dilakukan para generasi muda umumnya. Upacara bendera

  • POLNEP UPACARA HUT RI KE 72

    Direktur : “Polnep Satker terbaik ke-3 Tertib Adminitrasi Keuangan,  ini berkat kerja bersama”.   Politeknik Negeri Pontianak melaksanakan upacara Hari Kemerdekaan RI ke-72 yang diselenggarakan di halaman kampus dan diikuti seluruh pegawai dan mahasiswa.

  • MAHASISWA POLNEP RAYAKAN HUT RI KE-72

    Untuk pertama kali Tarik Tambang Wanita dilaksanakan Merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-72 tahun 2017 di berbagai daerah di tanah air, berbagai macam acara dilaksanakan, tidak kecuali di Politenik Negeri Pontianak. Pada perayaan Hari Kemerdekaan ke-72 kali ini tidak hanya

  • POLNEP SELENGGARAKAN WOKSHOP SPMI

    Masa depan untuk penjaminan mutu pendidikan tinggi tidak hanya menjadi tugas Kemenristekdik saja, tetapi menjadi tugas perguruan tinggi. Penetapan penjaminan mutu (quality assurance) bagi seluruh Perguruan Tinggi melalui Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) telah

  • DOSEN IKP POLNEP KEMBANGKAN ALAT TANGKAP BUBU DASAR

    Propinsi Kalimantan Barat terletak dibagian Barat Pulau Kalimantan atau di antara garis 2°08 LU dan 3°05 LS serta diantara 108°0´ BT dan 114°10´ BT. Pemanfaatan sumberdaya perikanan khususnya perikanan laut (Perikanan Tangkap) hingga saat ini masih

POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

  • Address: Jl. Akhmad Yani Pontianak
    78124, P.O BOX 1286
  • Email: kampus@polnep.ac.id
  • Website: www.polnep.ac.id
  • Telp/Fax: +62 0561 736180 / +62 0561 740143

POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

  • Address: Jl. Akhmad Yani Pontianak
    78124, P.O BOX 1286
  • Email: kampus@polnep.ac.id
  • Website: www.polnep.ac.id
  • Telp/Fax: +62 0561 736180 / +62 0561 740143
SEO Reports for polnep.ac.id