INOVASI POLNEP DI DESA PAK BULU


Desa Pak Bulu, Kecamatan Anjongan, Kabupaten Mempawah menerima pelatihan inovasi olah pangan dari Singkong yang digelar Jurusan Teknologi Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), Kamis, 25 Mei 2017. Kegiatan tersebut diketuai Agato ST M.Eng, dengan anggota Dr Kardison Lumban Batu SE M.Sc. Mereka diterima Sumadi, Kades Pak Bulu; Yuliana, ketua TP PKK; dan Y Rasina, ketua Kelompok Tani.
Melalui kegiatan iptek bagi masyarakat (IbM) ini, kami tim pelaksana berharap adanya perubahan positif pada masyarakat di Desa Pak Bulu. Terutama tim penggerak PKK dan kelompok tani menjadi sumberdaya manusia yang terampil dalam memproduksi olahan pangan dari singkong. Serta turut menumbuhkan jiwa kewirausahaan,” jelas Agato.
Pada kesempatan tersebut, Agato dan tim turut menyerahkan bantuan alat untuk memproduksi berbagai olahan pangan dari singkong. “Kami hibahkan seluruh peralatan dalam PKM ini kepada tim penggerak PKK di sini,” katanya.
Ia menilai sangat penting kegiatan tersebut memiliki keberlanjutan. “Utamanya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, melalui pengembangan potensi alam lokal (singkong). Tentunya harapan kami, masyarakat disini dapat menjadi lebih sejahtera,” ujarnya. Sumadi, Kades Pak Bulu menyambut positif kegiatan tersebut. “Ini bisa menjadi cikal bakal terbentuknya usaha mandiri di desa kami,” katanya. Masyarakat Desa Pak Bulu pun menyambut antusias pelaksanaan pelatihan inovasi olah pangan dari singkong tersebut.
Ditempat terpisah PKM Politeknik Negeri Pontianak dari Jurusan Akuntansi dan Teknologi Pertanian menggelar pelatihan bagi masyarakat Desa Sungai Rasau Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah pada Kamis 25 Mei 2017. Pelatihan yang mereka berikan terkait aneka olahan produk berbasis pisang dan nanas.
Pelatihan tersebut diisi narasumber dari Polnep. PKM terkait aneka olahan produk berbasis pisang dan nanas tersebut diikuti 25 peserta, yang terdiri dari ibu-ibu kelompok tani dan Tim Penggerak PKK di Desa Sungai Rasau. Pelatihan tersebut digelar di rumah Sekretaris Desa Sungai Rasau, Asmadi. Banyak terima kasih kepada para narasumber yang mau berbagi ilmu. Mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat desa kami, khususnya di Kecamatan Sungai Pinyuh ini,” katanya.
Sari Zawitri SE MSi AkCA, ketua tim Polnep menyampaikan, pelatihan tersebut bagian dari bentuk pengabdian kepada masyarakat (PKM), sebagai salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yang dilakukan para dosen bersama mahasiswa Polnep. PKM ini upaya kami untuk turut membantu mengembangkan wilayah atau desa yang ada di daerah ini. Tentunya dengan memperhatian potensi tiap wilayah. Kami juga memberikan bantuan alat untuk berbagai produk olahan pisang dan nanas,” ujarnya.
Ia berharap, ke depan, melalui pelaksanaan PKM tersebut, masyarakat Mempawah, khususnya Desa Sungai Rasau, dapat meningkatkan pendapatannya. Berbekal kemampuan dan keahlian baru mereka dalam mengolah pisang dan nanas yang bervariasi, sehingga menghasilkan produk dengan nilai jual lebih tinggi. Saya selaku ketua memiliki harapan besar. Nantinya, setiap desa di Kalbar ini memiliki produk khas daerah unggul yang dikenal dan menjual,” pungkasnya.

(Erwandi – Pranata Humas)



Baca Juga...


  • MAHASISWA PERIKANAN POLNEP DIMINATI PERUSAHAAN DI JEPANG

    Mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Program Studi Pengolaha Hasil Ikan hari ini, Rabu, 11 April 2018 mengikuti seleksi magang di Jepang. Mahasiswa yang akan mengikuti magang di perusahaan di Jepang semester IV. Kehadiran perusahaan Jepang di antaranya Direktur Rise Neo

  • DIREKTUR MEMBUKA PELATIHAN ASESOR KOMPETENSI

    Pelatihan Asesor yang diselenggarakan mulai hari ini dari tanggal 2 sampai 7 April, sebagai pimpinan mengapresiasi dan berterima kasih atas kerja keras para tim PEDP maupun LSP yang melaksanak kegiatan ini, yang sumber anggarannya dari ADB-LOAN 2928-INO, ungkap Direktur

  • KEMENRISTEKDIKTI LAKUKAN VISITASI LAPANGAN KESIAPAN PEMBUKAAN PSDKU POLNEP DI KABUPATEN SANGGAU

    Semangat Pemerintah Kabupaten Sanggau untuk mendirikan PDD Polnep di Kabupaten Sanggau cukup tinggi. Gedung yang sekarang ini Alhamdulillah sudah dihibahkan oleh pemerintah Sanggau untuk kampus, ujar Direktur Politeknik Negeri Pontianak mengawali sambutannya. Diungkapkannya,

  • PEKAN RAYA BIDIKMISI POLNEP

    Memajukan kehidupan bangsa dan Negara tidak hanyak sekedar meningkatkan prestasi akademik semata, tetapi prestasi non akademik perlu dilakukan oleh generasi muda termasuk mahasiswa bidikmisi, ujar Pembantu Direktur III Wawan Heryawan mengawali sambutannya pada pembukaan Pekan

  • DISEMINASI BANTUAN LAYANAN PKPKL DIKTI

    Perguruan Tinggi Swasta(PTS) di Kalimantan Barat hari Jum’at 23 Maret 2018 mengikuti Diseminasi Program Bantuan Pengembangan Layanan Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan (PKPKL) tahun 2018 di aula gedung utama lantai 3 Politeknik Negeri Pontianak. Kegiatan merupakan kerja

POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

  • Address: Jl. Akhmad Yani Pontianak
    78124, P.O BOX 1286
  • Email: kampus@polnep.ac.id
  • Website: www.polnep.ac.id
  • Telp/Fax: +62 0561 736180 / +62 0561 740143

POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

  • Address: Jl. Akhmad Yani Pontianak
    78124, P.O BOX 1286
  • Email: kampus@polnep.ac.id
  • Website: www.polnep.ac.id
  • Telp/Fax: +62 0561 736180 / +62 0561 740143
SEO Reports for polnep.ac.id