PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN GEDUNG PDD POLNEP PUTUSSIBAU


Direktur : “ saya yakin tujuan Pemda meningkatkan SDM di bumi Uncak Kapuas terwujud”

 

Masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu boleh berbangga karena ke depan akan segera di bangun gedung sendiri  PDD Polnep Putussibau. Dukungan pemerintah daerah Kabupaten Kapuas hulu merupakan keseriusan pemerintah daerah untuk meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Kapuas Hulu, ujar Bupati Kapuas Hulu M. Nasir saat peletakan batu pertama pembangunan gedung  PDD Polnep Kapuas Hulu pada hari Kamis, 28 September 2017 dan dilanjutkan dengan peringatan dies natalis  PDD Polnep Kapuas Hulu. Lahan yang disediakan oleh pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu seluas 10 hektar, akan dibangun diantaranya Gedung Utama, Auditorium, Gedung Jurusan, Akademik, Laboratorium dan gedung perpustakaan. Pembangunan gedung  PDD Polnep Putussibau terletak di Kedamin Darat, Desa Kedamin Darat Kecamatan Putussibau Selatan.
Dikatakan Bupati Kapuas Hulu M. Nasir bahwa tahun 2017 pemerintah daerah memberikan bantuan dana hibah untuk  PDD Polnep Putussibau sebesar Rp 9 milyar. Dana tersebut diantaranya 7 milyar untuk biaya operasiona dan 2 milyar untuk pembangunan fisik. Selama 3 tahun ini mahasiswa PDD Polnep Putussibau jumlahnya sudah mencapai 714 orang, sementara kapasitas gedungnya tidak mencukupi. Artinya harus dilakukan pembangunan gedung baru untuk menampung jumlah mahasiswa yang ada dan peminat setiap tahun meningkat.
Gedung kuliah yang sekarang ini sudah tidak  mencukupi untuk perkuliahan mahasiswa, sehingga menumpang di sekolah-sekolah seperti SMP dan SMA. Walaupun demikian dengan keterbatasan anggaran pihaknya tetap berusaha membangun gedung PDD Polnep Putussibau dan berharap ke depan pemerintah pusat (Kemenristekdikti) dapat mengalokasikan anggaran untuk pembangunan gedung tersebut, ujar Bupati Kapuas Hulu M. Nasir. Dan kita berusaha untuk mencari anggaran ke pusat dan saat Presiden Jokowi ke Kapuas Hulu sudah saya sampaikan langsung ke Presiden agar membantu menyediakan anggaran, ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama Direktur Politeknik Negeri Pontianak H. M. Toasin Asha menjelaskan bahwa saat ini  PDD Polnep Kapuas Hulu memiliki 3 Program Studi yaitu Prodi TPHP, Teknik Sipil dan Prodi Budidaya Perikanan. Diungkapkannya, peminat PDD Polnep Kapuas Hulu selama tiga angkatan relative stabil. Ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap PDD Polnep di Kapuas Hulu cukup baik. Ini tentu tidak terlepas dari berbagai prestasi dan kemajuan Polnep yang telah dicapai. Ujarnya mengawali sambutannya pada acara dies natalis PDD Polnep Kapuas Hulu. Lebih lanjut dijelaskannya, salah satu capaian Polnep yang sangat mambanggakan bagi segenap civitas akademika adalah hasil penilaian Kemenristekdikti pada tahun 2017 yaitu Polnep  sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik se-Indonesia dan masuk dalam Kaster I. Disampaikannya, jumlah tenaga dosen saat ini 42 orang beberapa diantaranya sudah S2 dan setiap tahun dosen kita kirim untuk lanjut studi S2, sekarang yang sedang melanjutkan studi S2 berjumlah 12 orang. Menurutnya, secara persyaratan jumlah dosen untuk setiap program studi sudah terpenuhi. Untuk tenaga kependidikan (staf administrasi, teknisi, satpam berjumlah 43 orang dan jumlah ini dirasa sudah cukup untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswa.
Sementara itu, fasilitas dan sarana pembelajaran yang dimiliki PDD Polnep Kapuas Hullu seperti Laboratorium, Perpustakaan dan sarana pembelajaran secara bertahap dilengkapi menyesuaikan anggaran yang tersedia. Untuk Tridharma Perguruan Tinggi di PDD Polnep Kapuas Hulu sampai saat ini juga terselenggara dengan baik. Kualitas proses pendidikan dan pengajaran, penelitian dan PKM terus ditingkatkan. Saya selaku pimpinan mengucapkan terima kasih kepada pimpinan instansi dan industry yang telah membantu dan bekerjasama dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, ujarnya.


Melalui pendidikan bangsa kita menjadi maju dan dapat mengejar ketertinggalan dari bangsa lain,baik dalam bidang sains dan teknologi maupun ekonomi.  Peran pendidikan penting juga dalam membangun peradaban bangsa yang berdasarkan atas jati diri dan karakter bangsa. Apapun persoalan bangsa yang dihadapi, komitmen kita untuk melaksanakan pembangunan pendidikan sesuai dengan amanat konstitusi dan berbagai peraturan perundangan-undangan yang berlaku, sebagai pegangan utama.
Pembangunan pendidikan  mencakup berbagai dimensi yang sangat luas, meliputi dimensi sosial,budaya, ekonomi dan politik. Dalam perspektif sosial, pendidikan akan melahirkan insan-insan terpelajar yang mempunyai peranan penting dalam proses perubahan sosial di dalam mobilitas masyarakat. Pendidikan menjadi faktor penting dalam mendorong percepatan  mobilitas masyarakat, yang mengarah pada pembentukan formasi sosial baru. Formasi sosial baru ini terdiri atas lapisan masyarakat kelas menengah terdidik, yang menjadi elemen penting dalam meperkuat daya rekat sosial (social cohesion). Dalam perspektif budaya, pendidikan merupakan wahana penting dan medium yang efektif untuk mengajarkan norma, mensosialisasikan nilai, dan menanamkan etos dikalangan warga masyarakat. Pendidikan juga dapat menjadi instrumen untuk memupuk kepribadian bangsa, memperkuat identitas nasional, dan memantapkan jati diri bangsa. Bahkan pendidikan menjadi lebih penting lagi ketika arus globalisasi demikian kuat, yang membawa pengaruh nilai-nilai dan budaya yang acapkali bertentangan dengan nilai-nilai dan kepribadian bangsa Indonesia. Dalam perspektif ekonomi, pendidikan akan menghasilkan manusia-manusia yang andal untuk menjadi subyek penggerak pembangunan ekonomi daerah dan nasional. Oleh karena itu, pendidikan harus mampu melahirkan lulusan-lulusan bermutu yang memiliki pengetahuan, menguasai teknologi, dan mempunyai keterampilan teknis dan kecakapan hidup yang memadai. Pendidikan juga harus dapat menghasilkan tenaga-tenaga profesional yang memiliki kemampuan kewirausahaan, yang menjadi salah satu pilar utama aktivitas perekonomian daerah dan nasional. Dalam perspektif politik, pendidikan harus mampu mengembangkan kapasitas individu untuk menjadi warga negara yang baik (good citizen), yang memiliki kesadaran akan hak dan tanggungjawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karena itu, pendidikan harus dapat melahirkan individu yang memiliki visi dan idealisme untuk membangun kekuatan bersama sebagai warga masyarakat daerah khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu.
Saya atas nama pimpinan dan segenap civitas akademika Polnep mengapresiasi pemerintah Kapuas Hulu di bawah kepemimpinan Bapak M. Nassir atas keseriusannya membangun pendidikan dan meningkatkan kualitas sdmnya. 2 tahun berdirinya PDD Polnep Putussibau sudah banyak upaya pemerintah daerah Kapuas Hulu membantu PDD Polnep Putussibau dan 2 tahun beridiri 29 M anggaran yang dikeluarkan untuk PDD Putussibau, ujarnya mengakhiri sambutan.
Kegiatan peletakan batu pertama dan pembukaan dies natalis PDD Polnep Kapuas Hulu di Putussibau dihadiri seluruh SKPD dilingkungan pemerintah Kapuas Hulu, para pimpinan perbankan dan industri, tokoh masyarakat dan organisasi kemasyarakata yang ada di Kapuas Hulu.
(Erwandi – Pranata Humas Muda)

 


Baca Juga...


  • PUDIR I MEMBUKA KEGIATAN PENDIDIKAN KARAKTER AKADEMIK KOMUNITAS SINGKAWANG

    “Mahasiswa harus membentengi diri dari  paham radikalisme, narkoba dan pergaulan bebas”.   Pemahaman radikalisme yang tertanam kuat dalam diri seseorang membuatnya melakukan tindakan lebih berani, ujar Pembantu Direktur I Arianto mengawali sambutannya

  • DOSEN TPHP LAKUKAN PKM DI DESA SUNGAI ITIK

    “Pengelolaan Air Limbah Kelapa Menjadi Sumber Pangan” Berinovasi yang tidak henti, inilah kalimat yang patut disandang para dosen di Jurusan TPHP Politeknik Negeri Pontianak. Para dosen TPHP terus menerus melakukan berbagai inovasi dalam pengelolaan sumber daya

  • PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN GEDUNG PDD POLNEP PUTUSSIBAU

    Direktur : “ saya yakin tujuan Pemda meningkatkan SDM di bumi Uncak Kapuas terwujud”   Masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu boleh berbangga karena ke depan akan segera di bangun gedung sendiri  PDD Polnep Putussibau. Dukungan pemerintah daerah Kabupaten

  • POLNEP GELAR WISUDA KE-28

    Lulusan Diterima Baik Dunia Kerja   Direktur Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), Ir. H.M. Toasin Asha, MSi menyampaikan, serapan lulusan tahun ini pada dunia kerja sangat membanggakan. Di samping pencapaian Polnep yang masuk politeknik klaster 1, yaitu 10 politeknik

  • RINCIAN FORMASI CPNS T.A 2017 DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIT

    Berikut dilampirkan penetapan rincian formasi CPNS Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Tahun Anggaran 2017 diPoliteknik Negeri Pontianak.

POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

  • Address: Jl. Akhmad Yani Pontianak
    78124, P.O BOX 1286
  • Email: kampus@polnep.ac.id
  • Website: www.polnep.ac.id
  • Telp/Fax: +62 0561 736180 / +62 0561 740143

POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

  • Address: Jl. Akhmad Yani Pontianak
    78124, P.O BOX 1286
  • Email: kampus@polnep.ac.id
  • Website: www.polnep.ac.id
  • Telp/Fax: +62 0561 736180 / +62 0561 740143
SEO Reports for polnep.ac.id