DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP TAHUN 2019 Hari ke-8

Pelaksanaan pelatihan Digital Talent Scholarship di Politeknik Negeri Pontianak yang berkerja sama dengan Kominfo sudah berlangsung 8 hari. Di hari ke-8 ini (Kamis, 11 Juli 2019) para peserta dibekali dengan materi dan praktek yang berkaitan pengoperasian perangkat lunak design dan fungsi pada bahasa pemrograman PHP. Materi menekankan pada membuat bentuk dasar, memberi warna dan operasi dasar menggunakan shaping, transformation dan effects. Tujuan dari materi ini adalah peserta mampu menggunakan perangkat lunak design untuk melakukan operasi dasar serta membuat poster. Sedangkan untuk materi pemrograman PHP ditekankan pada menyusun fungsi, file dan sumber daya pemrograman yang lain dalam organisasi yang rapi. Tujuan pembelajaran ini adalah perserta mengetahui cara pembuatan dan penggunaan fungsi pada bahasa pemrograman PHP.

ada banyak sekali perangkat lunak desain grafis, diantaranya adalaha Adobe illustrator, Adobe photoshop, corel draw, photoscape dan lainya. Perangkat lunak pengolah kata yang paling banyak digunakan saat ini adalah Microsoft Word, maka sebagai contoh aplikasi kita akan menjelaskan langkah-langkah mengoperasikan perangkat lunak tersebut. Ada beberapa cara untuk mengakses software aplikasi Microsoft Word, diantaranya melalui menu RUN, melalui Search, melalui Windows Explorer, melalui Shortcut, melalui Start.

Sedangkan untuk PHP disebut bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server. Hal ini berbeda dibandingkan dengan bahasa pemrograman client-side seperti JavaScript yang diproses pada web browser (client). PHP digunakan untuk membuat website pribadi. Dalam beberapa tahun perkembangannya, PHP menjelma menjadi bahasa pemrograman web yang powerful dan tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)

\"\"