DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP TAHUN 2019 Hari ke-9 : Menyusun Fungsi File

Pada materi menyusun fungsi file, para peserta pelatihan dibekali bagaimana menulis source code sesuai guide line. Sebagai programmer kadang kala kita tidak memperhatikaan sudah sampai berapa baris kode program yang telah kita buat dan tanpa terasa baris kode yang kita buat mencapai seribu atau bahkan jutaan baris kode. Di hari ke-9, peserta dapat menulis source code sesuai goide line.

Sebagai seorang programmer kadang kala tidak memperhatikaan sudah sampai berapa baris kode program yang telah di buat dan tanpa terasa baris kode yang di buat mencapai seribu atau bahkan jutaan baris kode. Kode program yang telah di buat dapat mencerminkan cara berpikir si programmernya. Ada kalanya, ketika suatu saat kita berjumpa dengan kasus yang pernah kita alami sebelumnya, kita pasti membuka kembali kode-kode lama yang pernah kita buat dalam menangani kasus tersebut.

Bagi seorang programmer, ada yang harus menjadi perhatian dalam membuat kode program, diantaranya adalah buatlah kode program sesimpel mungkin dan seefisien mungkin supaya prosescompiling kode jauh lebih cepat. Selain itu, harus konsisten dalam penulisan kode program supaya mudah untuk mengingatnya. Materi ini dilakukan praktek langsung kepada peserta pelatihan yang langsung dibimbing oleh instruktur. Interaksi dan tanya jawab antara peserta dan instruktur sangat aktif.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)

\"\"