KUNJUNGAN MAHASISWA POLTESA KE POLNEP

Mahasiswa Politeknik Negeri Sambas lakukan kunjungan silaturahmi ke Politeknik Negeri Pontianak, Jum’at, 25 Januari 2019. Kunjungan ini merupakan yang sekian kali dalam rangka meningkatkan silaturahmi. Sebagaimana diketahui, Politeknik Negeri Sambas sebelum menjadi satker (Negeri) merupakan di bawah binaan Politeknik Negeri Pontianak. Sebagai salah satu Politeknik termuda, hal yang wajar jika Politeknik Negeri Sambas lakukan silaturahmi kepada Politeknik Negeri Pontianak guna mendapatkan ilmu terutama dalam pengembangan prestasi para mahasiswa Politeknik Negeri Sambas, ujar Pembantu Direktur  III Politeknik Negeri Sambas. Lebih lanjut diungkapkannya, dari awal sesungguhnya rencana kunjungan silaturahmi ke Politeknik Negeri Pontianak seyogyanya selain Poltesa ada juga kita undang Politeknik Negeri Ketapang namun Politeknik Negeri Ketapang belum bisa hadir. Dijelaskannya, kunjungan silaturahmi Politeknik Negeri Sambas beberapa hari ini akan diisi dengan kegiatan pertandingan beberapa cabang olah raga. Kami berterima kasih kepada Politeknik Negeri Pontianak yang telah menyediakan tempat menginap para mahasiswa kami selama berada di kampus ini (Polnep), ujar Pembantu Direktur III Politeknik Negeri Sambas. Kunjungan silaturahmi bukannya tanpa alasan, mengingat prestasi mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak sangat baik dan inilah yang ingin kami (Poltesa) mencari pengalaman bagaimana membina mahasiswa agar berprestasi tidak hanya di tingkat daerah namun juga berprestasi di tingkat nasional dan internasional.
Sementara itu, Pembantu Direktur III Politeknik Negeri Pontianak dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kunjungan mahasiswa Politeknik Negeri Sambas sesungguhnya tidak hanya meningkatkan silaturahmi kedua kampus, namun juga sebagai upaya kita untuk saling tukar pengalaman dalam pembinaan olah raga dan seni di masing-masing mahasiswa. Kehadiran para mahasiswa di kampus Politeknik Negeri Pontianak, akomudasi dan transportasi akan kita tanggung sepenuhnya, ujar Wawan. Pertandingan persahabatan ini diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik dan menjadi ajang persiapan kegiatan Porseni yang akan datang.
Direktur Politeknik Negeri Pontianak H. Muh. Toasin Asha didampingi Pembantu Direktur I dalam sambutannya mengatakan, sesungguhnya kegiatan mahasiswa ke dua Politeknik memberikan nilai positif atau nilai tambah dalam rangka akreditasi insititusi. Prestasi mahasiswa suatu perguruan tinggi termasuk di Politeknik memiliki peran penting dalam mendukung  peningkatan dan kualitas suatu perguruan tinggi. Ke depan, saya berharap para mahasiswa membuat perencanaan dalam peningkatan prestasi olah raga dan seni, selain prestasi akademik. Akreditasi institusi maupun program studi selalu ditanyakan tentang prestasi para mahasiswa, apa yang  di dapat. Selain itu, kegiatan seperti ini sesungguhnya untuk mengukur sejauhmana pembinaan olah raga yang dilaksanakan selama ini di masing-masing perguruan tinggi. Artinya, sebagai bahan evaluasi dan membuat perencanaan pembinaan mahasiswa di masa yang akan datang, ujar H. Muh. Toasin Asha. Mahasiswa tidak hanya memiliki prestasi akadmik, namun juga diharapkan memiliki prestasi non akademik. Direktur H. Muh. Toasin Asha memberikan contoh, mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak yang memiliki prestasi olah raga dan mengharumkan kampusnya, kami berikan penghargaan diantaranya pembebasan SPP sampai pada pemberian uang tunai. Ini merupakan kebijakan internal dan kami buatkan Surat Keputusan Direktur. Kebijakan ini selain sebagai penghargaan, namun memberikan motivasi para mahasiswa lainnya untuk berprestasi. Politeknik Negeri Pontianak juga memberikan penghargaan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik. Ini yang saya kira perlu dipertimbangkan di Politeknik Negeri Sambas, mungkin kedepan para mahasiswa yang berprestasi diberikan penghargaan seperti yang kami (Polnep) lakukan selama ini, ujar Direktur Polnep mengakhiri sambutannya.
(Erwandi – Pranata Humas Muda)