Jurusan Administrasi Bisnis


Laman (http://ab.polnep.ac.id)

Jurusan Administrasi Bisnis telah beroperasional sejak tahun 1994. Jurusan Administrasi Bisnis dengan program studi (prodi) Administrasi Bisnis sebelumnya nama Program studinya adalah Kesekretariatan dan Administrasi Perkantoran, mulai dibuka tahun 1999 (merupakan pemekaran dari jurusan Tata Niaga yang dibuka tahun 1994; D-II sejak tahun 1997).

Jurusan Adminsitrasi Bisnis saat ini mempunyai 2 (dua) program studi, yaitu:
1. Diploma III Program Studi Administrasi Bisnis
2. Diploma IV Program Studi Administrasi Negara

Pejabat Jurusan Administrasi Bisnis
Jurusan Tata Niaga/Program Studi Akuntansi dan Kesekretariatan Adm. Perkantoran (1994-1999)
1. T. Nurhaida, SE
2. Joko Widiatmodjo, SE
3. Mahendra Jaya, SE., MM

Jurusan Administrasi Bisnis/Program Studi Administrasi Bisnis (1999- sekarang)
1. Drs. Didi Zulyanto., M.Si
2. Meizi Fahrizal, SE., M.Si
3. Utin Nina Hermina, SE., MSi
4. Ismail Umar, SE., MM
5. Dr. Dedi Herdiansyah, SE., M.Si

STRUKTUR ORGANISASI
Ketua Jurusan Administrasi Bisnis : Dr. Dedi Herdiansyah, SE., M.Si
Sekretaris Jurusan Administrasi Bisnis : Tri Wahyuarini, SE., M.Si
Ka. Prodi Administrasi Bisnis (D3) : Novi Desanti, SE., M.AB
Ka. Prodi Administrasi Negara (D4) : Ade M. Yuardani, S.Sos., M.Si
Kalab. Administrasi Bisnis : Januardi M. Diah, SE., M.AB

STAF PENGAJAR (DOSEN)
Jumlah Staf Pengajar : 28 Orang
Jumlah Staf Pengajar S3 : 2 Orang
Jumlah Staf Pengajar S2 : 26 Orang

Berikut daftar nama Staf Pengajar (Dosen) berdasarkan homebase Program Studi :
1. Dr. Abdullah, SE., MM (Administrasi Bisnis-D3)
2. Drs. Agus Eko Tejo Sasongko, M.Si (Administrasi Bisnis-D3)
3. Anggita, S.Pd, M.Pd (Administrasi Bisnis-D3)
4. Desvira Zain, SE., MM (Administrasi Bisnis-D3)
5. Edy Sutrisno, SE., MAB (Administrasi Bisnis-D3)
6. Ismail Umar, SE., MM (Administrasi Bisnis-D3)
7. Januardi M. Diah, SE., MAB (Administrasi Bisnis-D3)
8. Kardison Lumban Batu, SE., M.Si (Administrasi Bisnis-D3)
9. Liliyana, SE., MM (Administrasi Bisnis-D3)
10. Mahendra Jaya, SE., MM (Administrasi Bisnis-D3)
11. Marsela Diaz, SE., Ak., MSA (Administrasi Bisnis-D3)
12. Meizi Fahrizal, SE., M.Si (Administrasi Bisnis-D3)
13. Novi Desanti, SE., MAB (Administrasi Bisnis-D3)
14. Riska Wahyuni, SS., M.Pd (Administrasi Bisnis-D3)
15. Dr. Sri Syabanita Elida, SE., MM (Administrasi Bisnis-D3)
16. Sunarsih, SE., MM (Administrasi Bisnis-D3)
17. Syarifah Novieyana, SE., MM (Administrasi Bisnis-D3)
18. Ade M. Yuardani, S.Sos., M.Si (Administrasi Negara-D4)
19. Arif perdana, SE., MM., Acc., Ak. (Administrasi Negara-D4)
20. Dr. Dedi Herdiansyah, SE., M.Si (Administrasi Negara-D4)
21. Drs. Didi Zulyanto, M.Si (Administrasi Negara-D4)
22. Endang Wahyuni, S.Sos, M.Si (Administrasi Negara-D4)
23. Evi Sofiana, SE., MM (Administrasi Negara-D4)
24. Hasymi Rinaldi, S.Sos, MPA (Administrasi Negara-D4)
25. Dra. Lilis Listiyawati, M.Si (Administrasi Negara-D4)
26. Tri Wahyuarini, SE., M.Si (Administrasi Negara-D4)
27. Hj. Utin Nina Hermina, SE., M.Si (Administrasi Negara-D4)
28. Verdico Arief, S.IP., M.AP (Administrasi Negara-D4)



DIPLOMA III PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS

Program Studi Administrasi Bisnis  jenjang D3 mulai beroperasional sejak tahun 2001 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas Republik Indonesia nomor 45/DIKTI/Kep/2001. Saat ini terakreditasi dengat peringkat "B" berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 016/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/IX/2011, tgl 29 September 2011. (Lihat KURIKULUM)

VISI
Tahun 2020 program studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak menjadi penyelenggara pendidikan vokasional terdepan bidang administrasi bisnis dalam menyiapkan tenaga kerja profesional yang memiliki kepribadian, keunggulan komparatif dan kompetitif baik ditingkat nasional maupun internasional.

MISI
1. Menghasilkan lulusan profesional yang dapat berfikir ilmiah dalam memecahkan berbagai persoalan yang berkaitan dengan bidang administrasi bisnis dengan efektif dan efisien.
2. Membentuk dan menghasilkan lulusan yang berbudi luhur dan mempunyai integritas tinggi, profesional dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan bidang administrasi bisnis di sektor industry.
3. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam rangka pengembangan sumber daya manusia khususnya bidang administrasi bisnis bagi industri dan bisnis.

KOMPETENSI PRODI
1. Mengoperasikan peralatan kantor.
2. Melaksanakan prosedur administrasi.
3. Menggunakan aplikasi computer.
4. Melaksanakan penggandaan dan pengumpulan dokumen.
5. Menangani surat masuk dan surat keluar.
6. Melaksanakan manajemen arsip.
7. Menyiapkan dokumen bisnis.
8. Menyiapkan dokumen perjalanan dinas.
9. Kemampuan berkomunikasi.
10. Melaksanakan dan memproses transaksi keuangan.
11. Pengelolaan keuangan.
12. Berperilaku beriman dan bertaqwa.
13. Melaksanakan administrasi produks.i
14. Menerapkan quality management system dalam melaksanakan pekerjaan.
15. Menyusun protokoler organisasi.
16. Menerapkan etika keprofesian.
17. Memahami hukum dalam bisnis.
18. Mengelola dan melakukan pembelian persediaan.
19. Menyiapkan dokumen pengiriman barang.
20. Kemampuan berbahasa indonesia dan inggris.
21. Kemampuan memasarkan produk.
22. Memahami aspek pemasaran dalam bisnis.
23. Memahami logika berfikir dan pengolahan data.
24. Kemampuan berwirausaha.
25. Berkarakter dan berintegritas.
26. Kemampuan kerjasama dengan kolega dan pelanggan.

CAPAIAN
Dengan profil lulusan sebagai asisten administrasi, asisten manajer bidang administrasi bisnis dan sekretaris senior, maka capaian pembelajaran yang diharapkan adalah lulusan memiliki sikap, keterampilan khusus, penguasaan pengetahuan yang dapat mencapai kompetensi yang membutuhkan.

ALUMNI ADMINISTRASI BISNIS
Alumni Administrasi Bisnis saat ini bekerja sebagai tenaga staf Administrasi dan Sekretaris serta Staf Marketing di beberapa perusahaan baik swasta maupun Pemerintah.Alumnni Jurusan Administrasi Bisnis bekerja di : Instansi Pemerintahan, Perbankan (Mandiri, BCA, BNI), Perusahaan Swasta dan BUMN.

 


DIPLOMA IV PROGRAM STUDI ADMINISTRASI NEGARA

Program Studi Administrasi Negara jenjang D4 mulai beroperasional sejak tahun 2008 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas Republik Indonesia nomor 2134/D/T/2008. Saat ini terakreditasi dengat peringkat "B" berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 009/SK/BAN-PT/Ak-IX/Dpl-IV/I/2013, tgl 10 Januari 2013. (Lihat KURIKULUM)

PENDAHULUAN
Dengan lahirnya Strategi Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang (Higher Education Long Term Strategy, HELTS) Direktorat Pendidikan Tinggi 2003-2010 dan telah mendorong setiap Perguruan Tinggi untuk melakukan rekonstruksi atas seluruh kebijakan pengembangannya di antaranya dengan membuka program studi baru. Untuk itu Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak berketetapan hati untuk turut terlibat dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan membuka program studi Administrasi Negara, pembukaan ini diharapkan mampu meningkatkan peran serta Politeknik Negeri Pontianak dalam menyediakan tenaga profesional di bidang administrasi negara dalam mewujudkan good governance. Melalui Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional nomor 2134/D/T/2008 tanggal 11 Juli 2008 Ijin Penyelenggaraan Program Studi Administrasi Instansi Pemerintahan (sekarang Administrasi Negara) dinyatakan secara resmi dibuka dan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun 2008.
Beberapa momentum lain secara nasional maupun lokal yang menjadi dasar dalam mendukung pembukaan program studi ini antara lain Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 63/Kep/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik, disamping itu juga untuk mengantisipasi diiberlakukannya UU Pelayanan Publik yang saat ini sudah mencapai tahapan penyempurnaan RUU. Pandangan Gubernur Kalbar tentang permasalahan dan strategi dalam perencanaan pembangunan daerah di Kalimantan Barat Untuk itulah maka pembukaan program studi administrasi instansi pemerintahan menjadi penting dan sangat strategis karena menjadi penyangga ketersediaan sumber daya manusia yang relative lowong antara lulusan SLTA dan S1 yang memiliki keahlian teknis professional.

VISI DAN MISI
Visi Program Studi D-IV Administrasi Negara menciptakan tenaga profesional dalam menangani pelayanan publik dengan jiwa dan kepribadian good governance. Sedangkan Misinya yaitu menyelenggarakan program pendidikan vokasional secara profesional dan modern pada bidang administrasi negara untuk meningkatkan kinerja aparatur negara dalam memberikan pelayanan publik.

TUJUAN
Tujuan dengan dibukanya Program Studi D-IV Administrasi Negara adalah untuk menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai pelayan masyarakat yang berwawasan pemerintahan dan mampu menangani administrasi pemerintahan meliputi :
a. Menguasai Kerja Administrasi Pemerintahan dengan mental good governance
b. Mampu menangani Kerja Administrasi Pemerintahan secara modern
c. Menguasai e-Government
d. Mampu menangani kegiatan kehumasan dan protokuler kenegaraan.
e. Mampu mengisi jabatan-jabatan dan dapat melaksanakan tugasnya di bidang administrasi pemerintahan.
f. Mampu merencanakan dan memimpin, mengendalikan kegiatan administrasi baik bagi atasan maupun unit kerja.

FASILITAS YANG DIMILIKI
Semua ruangan baik Ruang Kelas maupun Ruang Laboratorium dengan fasilitas pendingin atau ber AC. Ruangan-ruangan ini juga dilengkapi dengan berbagai peralatan sesuai kebutuhannya masing-masing. Adapun ruangan dan fasilitas dimaksud adalah :
- Laboratorium Perkantoran Lengkap dan Modern dilengkapi fasilitas internet untuk praktik-praktik kepemimpinan dan studi administrasi kepemerintahan dengan program e-government.
- Laboratorium Pengetikan Elektrik dan Manual; untuk praktik-praktik kecepatan pengetikan/penulisan naskah dan dokumen administrasi secara ten fingers of blind system.
- Laboratorium Komputer 2 (dua) buah/ruangan yang dilengkapi dengan jaringan internet untuk mendukung program e-government.
- Laboratorium Bahasa
- Ruang Seminar Modern Kedap Suara (dapat digunakan Teleconference) untuk praktik kehumasan dan protokoler kenegaraan.
- Perpustakaan Jurusan dengan referensi yang sangat memadai untuk bidang administrasi dan dilengkapi dengan fasilitas internet.
- Ruang Dosen yang dapat mengakses hotspot untuk internet
- Ruang dan fasilitas Internet gratis; untuk mengakses materi dan info pembelajaran.
- Ruang Kelas

POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

  • Address: Jl. Akhmad Yani Pontianak
    78124, P.O BOX 1286
  • Email: kampus@polnep.ac.id
  • Website: www.polnep.ac.id
  • Telp/Fax: +62 0561 736180 / +62 0561 740143

POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

  • Address: Jl. Akhmad Yani Pontianak
    78124, P.O BOX 1286
  • Email: kampus@polnep.ac.id
  • Website: www.polnep.ac.id
  • Telp/Fax: +62 0561 736180 / +62 0561 740143
SEO Reports for polnep.ac.id