POLNEP LAKSANAKAN RAPAT KERJA TEKNIS EVALUASI DAN EPKO


Politeknik Negeri Pontianak sebagai satker di bawah Kemenristekdikti berkewajiban untuk menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan salah satu komponen kuncinya adalah Pengukuran Kinerja, ungkap Diah Laksmini Noor Kasubag Perencanaan dan Sistem Informasi (PSI) Politeknik Negeri Pontianak mengawali laporannya selaku Ketua Pelaksana Kegiatan EPKO. Lebih lanjut dikatakannya, pengukuran kinerja yang dilakukan dilingkungan Politeknik Negeri Pontianak dalam kaitannya dengan penerapan SAKIP adalah pengukuran kinerja kegiatan (output), kinerja kuangan dan kinerja hasil (outcome). Oleh karenanya, Diah mengungkapkan bahwa agar pengukuran kinerja dapat dilakukan secara optimall, maka perlu dilaksanakan kegiatan Evaluasi dan Pengukuran Kinerja Organisasi
Lanjut Diah, tujuan diselenggarakannya kegiatan Rapat Teknis Evaluasi dan Pengukuran Kinerja Organisasi (EPKO), untuk menyamakan konsepsi tentang tata cara evaluasi dan pengukuran kinerja; memudahkan fungsi koordinasi dan pelaksanaan monitoring dan evaluasi dalam pencapaian penetapan kinerja Politeknik Negeri Pontianak berikutnya;  memudahkan pengelolaan data kinerja dan mendukung penyusunan Laporan Kinerja Institusi.
Sementara itu, Pembantu Direktur II Endang Kusmana yang mewakili Direktur membuka kegiatan Rapat Teknis Evaluasi dan Pengukuran Kinerja mengatakan bahwa kegiatan EPKO ini tidak lepas dari kegiatan sebelumnya baik rapat penyusunan RAKL maupun rapat implementasi. Dikatakannya, visi dan misi tahun 2020 yang sudah ditetapkan sejauhmana upaya yang sudah dilakukan untuk mencapai visi dan misi tersebut. Endang Kusmana juga mengingatkan, perubahan yang terjadi di dunia pendidikan saat ini harus diantisipasi. Kegiatan ini salah satu momen kita mengukur sejauhmana prestasi-prestasi kinerja kita didukung sepenuhnya target dan capaiannya, sehingga kita dapat merasakannya. Kalau perlu kita tetapkan target-target yang akan dicapai karena visi dan misi tahun 2020  sudah di depan mata, ungkap Endang Kusmana mengingatkan. EPKO ini merupakan bagian penting untuk memberikan data-data masukan. Ditambahkannya, instrument-instrumen yang sekarang itu kita harus antisipasi. Seluruh perubahan itu harus kita hadapi, katanya mengakhiri sambutan.
Kegiatan Rapat Kerja Teknis Evaluasi dan Pengukuran Kinerja Organisasi (EPKO), diikuti dari tingkat pimpinan manajemen, para Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, para Kabag dan Kasubag, Ketua Unit dan tim-tim pelaksana kegiatan yang ada dilingkungan Politeknik Negeri Pontianak yang berjumlah 97 orang. Dalam pelaksanaannya, setiap tim atau unit kerja memprosentasinya capaian dan kegiatan yang akan datang dan dilanjutkan dengan diskusi.
Kegiatan malam hari dilanjutan paparan pemaparan para Jurusan. Sebelum menutup kegiatan prosentasi,  Direktur H. Muh. Toasin Asha memberikan arahan kepada seluruh pesarta. Kegiatan Evaluasi dan Pengukuran Kinerja Organisasi (EPKO) bukan hal baru dan kegiatan ini sekaligus saya akan mengevaluasi pelaksanaannya. Apapun yang kita lakukan, mestinya ada jejak, ada hasil dan ada output. Oleh karena itu, dari hasil Audit Mutu Internal ada temuan yang sesungguhnya hal sepele dan ada pula yang mendasar serta yang berulang-ulang ditemukan. Dan  itu harus segera diperbaiki cepat, sehingga tidak terulang kembali di program studi. Menyinggung tugas Kaprodi Direktur berpesan, jika masuk dalam bagian manajemen, maka seharusnya tugasnya lebih banyak mengatur, jangan biarkan dosen yang menentukan untuk membuat jadwal atau merubah jadwal mengajar, ujar Direktur. Ke depan, akan dilakukan pendisplinan seluruh bagian di kampus termasuk etika dosen dan karyawan, tegasnya.  Hasil Audit Mutu Internal, pada tingkat manajemen harus kita bedah. Menyinggung penganggaran kedepan, Direktur mengungkapkan bahwa anggaran berpepihakkan dan harus ada penentuan-penentuan skala prioritas.  

                                                                            
Kegiatan EPKO sesungguhnya untuk mengukur dan evaluasi kinerja organisasi. Direktur mengungkapkan bahwa hasil evaluasi serapan anggaran pada triwulan ke dua, Politeknik Negeri Pontianak termasuk 5 perguruan tinggi terbaik.  Direktur juga mengingatkan para pimpinan yang bagian dari manajemen untuk memperbaiki hal-hal apa yang masih kurang. Disitulah bapak/ibu berkontribusi terbesar, karena diberi kesempatan untuk melakukan suatu perubahan yang tidak dimiliki orang banyak untuk mengurus unit maupun lembaga.
Direktur juga menjelaskan bahwa beberapa dosen di Politeknik Negeri Pontianak sudah memberikan hasil paten yang terdaftar dalam Hak Kekayaan Intelektual  (HAKI). Selain itu, beberapa dosen Polnep sudah menjadi pembicara di skala Internasional. Suport lembaga terhadap dosen tidak kecil, baik untuk penerbitan karyanya di Jurnal Internsional maupun nasional.
Kegiatan Rapat Kerja Teknis Evaluasi dan Pengukuran Kinerja Organisasi (EPKO) dilaksanakan dari tangga 24 sampai 26 November 2018 yang peaksanaannya di hotel Dangau Singkawang. Sebagai narasumber Bapak Azhar Syahrir dan Agus Setyadi dari Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti.
(Erwandi – Pranata Humas Muda)

                           



Baca Juga...


POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

  • Address: Jl. Akhmad Yani Pontianak
    78124, P.O BOX 1286
  • Email: kampus@polnep.ac.id
  • Website: www.polnep.ac.id
  • Telp/Fax: +62 0561 736180 / +62 0561 740143

POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

  • Address: Jl. Akhmad Yani Pontianak
    78124, P.O BOX 1286
  • Email: kampus@polnep.ac.id
  • Website: www.polnep.ac.id
  • Telp/Fax: +62 0561 736180 / +62 0561 740143