5 TIM MAHASISWA POLNEP BERHASIL MERAIH PENDANAAN PKM 2024

Image

by ully sartika 2 minggu yang lalu 0 comments 204 views

Mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) berhasil mencetak prestasi meraih hibah pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Vokasi Tahun 2024. Kegiatan diselenggarakan oleh Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi bekerjasama dengan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek). Lima tim mahasiswa Polnep berhasil menerima hibah tersebut sebagai pengakuan atas ide-ide kreatif dan inovatif yang mereka usulkan.

PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Ditjen Diktiristek pada tahun 2024 di bawah pengelolaan Belmawa merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi Perguruan Tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Hibah ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi dan kualitas karya-karya yang dihasilkan oleh mahasiswa Polnep dalam berbagai bidang, mulai dari teknologi, pengabdian masyarakat, hingga kewirausahaan. Berbagai ide brilian dan solusi inovatif dari mahasiswa Polnep berhasil menarik perhatian Kemdikbudristek, sehingga memperoleh dukungan finansial untuk mengembangkan ide-ide tersebut menjadi produk atau layanan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Secara resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan Pengumuman Penerima Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Vokasi Skema Pendanaan Tahun 2024 pada tanggal 27 April 2024. Berdasarkan pengumuman No.0850/D4/KM.01.00/2024 dari Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, ditetapkan bahwa lima judul PKM dari Perwakilan Mahasiswa Polnep berhasil meraih Pendanaan dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Nasional Skema Pendanaan Tahun 2024. Polnep mendapatkan total pendanaan sebesar Rp. 36.000.000,- dari total Rp. 2.999.000.000,- yang diluncurkan. Polnep berada pada peringkat 16 dari 52 Politeknik dan Akademi se-Indonesia, dalam besarnya dana pembiayaan yang diraih. Lima judul yang berhasil meraih pendanaan tersebut yakni :

  1. Implementasi Monitoring Limbah Dan Pakan Otomatis Berbasis Internet of Things Guna Meningkatkan Efisiensi Kerja Pembudidaya Ikan Nila Desa Sungai Rengas. Tim Pantech, dengan skema PKM-PI diketuai Muhammad Nurfalih dari Jurusan Teknik Elektro. Beranggotakan Alhadi fitrah ramadan, Rizki yusriansyah, Sigit Darmawan, dan Pelita Saroha Tambunan. Dengan dosen pembina Wiwit Indah Rahayu, S.T., M.T.
  2. Inovasi Platform Penyedia Layanan Laundry Rumahan Berbasis Website. Tim LaunderClean dengan skema PKM-K diketuai Azlina Asy Syifa dari Jurusan Teknik Elektro. Beranggotakan Agistra Arifur Rahman, Putri Nadila Suryani, Dwi Ananda Deli Hediyatna Putra, dan Ferry Perdian. Dengan dosen pembina Safri Adam, S.Kom., M.Kom.
  3. Lemukutan : Edukasi Berbasis Aplikasi Zero Waste Tourism Zone Melalui Eco-Enzyme dan Eco-Brick. Tim Lemukutan_EcoTourismZone, dengan skema PKM-PM diketuai oleh Fahmi Hidayatullah dari Jurusan Administrasi Bisnis. Beranggotakan Ferry Lijaya, Putra Dermawan Khairul Ananda, Qori Asa Fadila, dan Muhammad Taufiq Al-Hidayah. Dengan dosen pembina Dr. Dedi Herdiansyah, S.E., M.Si.
  4. Optimalisasi Pertumbuhan Tanaman Hydroponik dengan SIMBIOTIK (Sistem Informasi Monitoring Berbasis Internet of Things pada Aplikasi Web). Tim SIMBIOTIK dengan skema PKM-PI diketuai oleh Natasha Melinda dari Jurusan Teknik Elektro. Beranggotakan Erlangga Adi Saputra, Siti Faza Anasya, Meirlansyah Rangga, dan Amanda Safitri. Dengan dosen pembina M. Ridhwan Sufandi, S.T., M.T.
  5. Pembuatan Biodegradable Plastik dengan Pemanfaatan Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit sebagai Bahan Sintesis Selulosa Asetat. Tim AGRITECH BIOPLAST dengan skema PKM-RE diketuai oleh Muhammad Ibrani Aldin dari Jurusan Teknologi Pertanian. Beranggotakan Sergio Privaldio dan Febriani Dian Purnama Sari. Dengan dosen pembina Donor Utomo M. Susilo, S.TP., M.P.

Direktur Polnep merasa bangga atas prestasi yang sudah diraih dan mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh mahasiswa penerima pendanaan PKM 2024.  Selamat berkarya dan mengharumkan Politeknik Negeri Pontianak.

Tags: No Tags

0 Comments


Leave a Comment

Recent Posts