GIZ GRASS DAN POLNEP PUTUSSIBAU ADAKAN SOSIALISASI PROGRAM AGEN PENYULUH LOKAL DI KAPUAS HULU

Image

by ully sartika 6 bulan yang lalu 8 comments 662 views

Program Agen Penyuluh Lokal atau Extensionist Agent Program (AEP) yang diinisiasi oleh GIZ GRASS telah mulai melakukan perekrutan calon penyuluh dari berbagai kalangan termasuk salah satunya dari kaum muda. Pada Senin (18/12) Polnep sebagai salah satu mitra dari proyek GRASS di Kapuas Hulu bekerja sama dalam melaksanakan pertemuan "Sosialisasi Program Agen Penyuluh Lokal di Kapuas Hulu". Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada calon penyuluh yang telah mengirimkan aplikasi serta informasi bagaimana program ini nantinya dilaksanakan.

Dalam sambutannya, Per Rasmussen (Commission Manager GRASS) yang diwakilkan oleh Stephan Kitzbichler menyampaikan dan mendorong para calon penyuluh yang hadir dalam pertemuan untuk memahami mekanisme pelaksanaan program agen penyuluh lokal, sehingga proses selanjutnya dapat berjalan sesuai dengan harapan bersama.

"Pertemuan sosialisasi hari ini diadakan untuk mensosialisasikan dan menjelaskan lebih mendalam mengenai program agen penyuluh lokal di Kapuas Hulu, jika ada informasi yang kurang jelas, bisa ditanyakan secara langsung karena inilah tujuan kegiatan sosialisasi ini dilakukan."

Sejumlah perwakilan dari alumni PDD Polnep juga turut mengikuti pertemuan ini. Dimana salah satu bentuk kerja sama dalam MoU yang ditandatangani oleh GIZ GRASS dan POLNEP beberapa waktu lalu juga mencakup pengembangan kapasitas yang selaras dengan program penyuluh ini. Sejalan dengan itu, Bapak Muhammad Nasir selaku Koordinator Layanan Mutu, Pengawas Internal, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat PDD Politeknik Negeri Pontianak Kabupaten Kapuas Hulu dalam sambutannya menyampaikan dukungan serta mendorong kepada alumni Polnep untuk memanfaatkan kesempatan yang ada pada program ini untuk menambah kapasitas teknis dan juga sebagai langkah untuk pengembangan karir kedepannya.
 
Kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara during (online) dan diikuti setidaknya lebih dari 38 calon penyuluh yang berasal dari kelompok petani, fresh graduate, pekerja swasta, dan lain sebagainya. Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Syamsul Abidin, penasihat teknis GRASS, beliau menyampaikan bahwa nantinya akan ada sekitar 100 orang calon penyuluh yang direkrut dan akan mendapatkan pelatihan intensif (Training of Trainers) serta sertifikat dari lembaga internasional GIZ, ICRAF, dan IDEP Foundation. Diantara 100 calon penyuluh tersebut maka akan diseleksi sebanyak 24 penyuluh terbaik yang nantinya akan mendapatkan kontrak sebagai penyuluh professional untuk terlibat dalam kegiatan proyek GRASS kedepannya dengan benefit-benefit yang ditetapkan.

Selanjutnya, tim GIZ GRASS maupun Polnep akan terus berkoordinasi guna mempercepatkan proses rekrutmen penyuluh dan dapat mencapai target yang ingin dicapai bersama.

Ditulis oleh: Dorpaima Lumban Gaol, Communications and Knowledge Management Adviser GIZ GRASS

Tags: No Tags

8 Comments


Leave a Comment

Recent Posts