JURUSAN TEKNIK ARSITEKTUR POLNEP GELAR WORKSHOP PEMUTAKHIRAN KURIKULUM

Image

by ully sartika 4 minggu yang lalu 0 comments 227 views

Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) selenggarakan workshop kedua pemutakhiran kurikulum untuk tiga prodi yaitu D3 Arsitektur, D4 Arsitektur Bangunan Gedung dan D4 Desain Kawasan Binaan. Kegiatan dilaksanakan Rabu 31 Januari 2024 bertempat di ruang Ulin lantai 2 Hotel Mercure Pontianak. 

Acara dihadiri oleh Wakil Direktur Bidang Akademik dan Perencanaan, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua Jurusan di lingkungan Polnep, Kepala Pusat Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran, dan seluruh dosen di jurusan Teknik Arsitektur. Workshop menghadirkan narasumber R. Desutama Rachmat Bugi Prayogo, S.T., M.T., Ketua Konsentrasi Bidang Keahlian Transportasi Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bandung dan Tim Kurikulum Pendidikan Tinggi Vokasi Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek.

Kegiatan workshop diawali dengan sambutan oleh Ketua Jurusan Teknik Arsitektur Chandra Bayu, S.T., M.T. Dalam sambutannya Kajur mengucapkan terima kasih kepada narasumber dan seluruh peserta yang sudah hadir pada kegiatan ini. Dan terima kasih juga kepada seluruh panitia yang sudah mensukseskan terselenggaranya acara ini. Workshop ini merupakan workshop lanjutan yang bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan, menyusun dan membahas draf kurikulum pembaharuan untuk tiga prodi yang ada di jurusan Teknik Arsitektur. Melalui workshop ini diharapkan peserta dapat memahami kerangka kerja (framework) dan rambu-rambu yang bersifat mendasar kepada penyelenggara program pendidikan tinggi vokasi agar mampu menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi yang adaptif terhadap perubahan dan kemajuan IPTEKS yang sangat dinamis. Jurusan diiharapkan tetap konsisten dalam pemenuhan Capaian Pembelajaran sebagai pemenuhan minimum Standar Kompetensi Lulusan yang dicanangkan oleh Standar Nasional Pendidikan Tinggi, khususnya pada PTV dan utamanya sebagai bentuk akuntabilitas tertinggi kepada para pemangku kepentingan PTV. Implementasi Kurikulum Pendidikan Tinggi Vokasi yang berkualitas sesungguhnya merupakan aktualisasi dari penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas karena kurikulum berfungsi sebagai peta jalan bagi mahasiswa untuk mengikuti jalan menuju kesuksesan berkarir atau berwirausaha dengan bantuan dari dosen, instruktur, laboran, teknisi, analis, dan tenaga administrasi.

Selanjutnya penyampaian sambutan sekaligus membuka kegiatan Workshop oleh Wakil Direktur Bidang Akademik dan Perencanaan H. Irawan Suharto, S.T., M.T. Wadir I berharap melaui workshop ini dapat disusun kurikulum yang terbaik untuk prodi-prodi yang ada di jurusan Teknik Arsitektur. Kurikulum disusun melalui tiga tahap yaitu analisis konsiderans, model dan desain serta konstruksi dan pra uji. "Mudah-mudahan kegiatan hari ini menjadi momentum, menjadi titik awal (baseline) bagi jurusan Teknik Arsitektur untuk menjadi lebih baik lagi", ungkap Irawan. Dengan mengucap basmallah Wadir I secara resmi membuka kegiatan workshop pemutakhiran kurikulum.

Tags: No Tags

0 Comments


Leave a Comment

Recent Posts