KONFERENSI PERS HASIL SELEKSI JALUR SNBT TAHUN 2024

Image

by ully sartika 4 minggu yang lalu 1 comments 303 views

Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) melaksankan konferensi Pers Hasil Seleksi Jalur SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) Tahun 2024 secara online. Kegiatan yang ditunggu-tunggu calon mahasiswa baru akhirnya datang juga. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2024 melalui siaran langsung di kanal youtube SNPMB BPPP atau melalui Instagram Live @_snpmbbppp mulai pukul 08:30 WIB. Hasil seleksi jalur SNBT dan sertifikat UTBK dapat diunduh oleh peserta tes mulai pukul 15.00 WIB melalui laman utama (https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.) dan laman mirror 41 PTN yang telah disediakan.

Konferensi Pers menampilkan narasumber Dirjen Diktiristek Abdul Haris, Dirjen Pendidikan Vokasi Kiki Yuliati, Kepala BSKAP Anindito Aditomo, Ketua MRPTNI Ganefri, Ketua Umum SNPMB Ganefri, Wakil Ketua I SNPMB Rina Indiastuti, Wakil Ketua II SNPMB Eduart Wolok, Wakil Ketua III SNPMB Achmad Taqwa, dan Wakil Ketua IV SNPMB Ali Ridho.

Daya tampung Polnep melalui jalur SNBT tahun 2024 sejumlah 1403 kursi. Adapun total pendaftar SNBT 2024 Polnep adalah 6400 lulusan sekolah lanjutan tingkat atas. Polnep berada pada urutan duabelas untuk PTN Vokasi dengan pendaftar terbanyak. Pendaftar terbanyak ada di Politeknik Negeri Bandung sebanyak 41.925 lulusan. Berbeda dengan tahun lalu, pada tahun 2024 ini pendaftar SNBT dapat memilih 4 pilihan program studi.

Dalam hal skor Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada SNBT Tahun 2024 ini, dijumpai hal yang menarik. Selisih skor rerata UTBK tahun 2024 antara calon mahasiswa jenjang Sarjana dan calon mahasiswa jenjang Diploma Tiga lebih kecil daripada selisih skor pada tahun 2023. Sementara itu, dalam kaitan antara skor UTBK dan kurikulum sekolah asal pendaftar, khususnya pada SMA dan SMK, ditemukan bahwa meskipun persentase penerimaan pendaftar dari sekolah pengguna Kurikulum Merdeka sedikit lebih rendah daripada pendaftar dari sekolah pengguna kurikulum terdahulu (Kurikulum 2013), rerata skor UTBK pendaftar dari SMA dan SMK pengguna Kurikulum Merdeka lebih tinggi terlepas dari tingkat keketatan prodi yang dipilih.

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB Tahun 2024, Ganefri, menyampaikan ucapan selamat kepada peserta SNBT Tahun 2024 yang dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBT. Beliau berpesan bahwa peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Jalur SNBT Tahun 2024 dan sudah melakukan pendaftaran ulang tidak dapat diterima pada Seleksi Mandiri Tahun 2024 di PTN mana pun. Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB Tahun 2024 juga berpesan kepada peserta yang belum lulus SNBT untuk tidak berkecil hati karena masih mempunyai kesempatan untuk mengikuti Seleksi Jalur Mandiri Tahun 2024. Pendaftaran seleksi Mandiri-Konsorsium Politeknik Negeri (SM-KPN) Gelombang 1 Polnep masih akan dibuka sampai dengan tanggal 21 Juni 2024. Informasi lengkap bisa diakses melalui laman https://spmb.polnep.ac.id.

Tags: No Tags

1 Comments


Leave a Comment

Recent Posts