MAHASISWA BUDIDAYA PERIKANAN POLNEP SAMBANGI BALAI BENIH IKAN

Image

by ully sartika 4 minggu yang lalu 10 comments 269 views

Dalam rangka meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan motivasi kewirausahaan mahasiswa, serta implementasi perkuliahan dengan metode Problem Based Learning (PBL) untuk mendukung penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Mahasiswa semester I Program Studi Budidaya Perikanan Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Politeknik Negeri Pontianak melakukan serangkaian kunjungan dengan mata kuliah terkait yakni Kewirausahaan, Pengantar Ilmu Perikanan, Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan, dan Dasar-Dasar Manajemen pada hari Senin tanggal 31 Oktober 2022. 

Kunjungan mahasiswa budi daya perikanan dilakukan di Balai Benih Ikan (BBI) Lokal Kota Pontianak dan dilanjutkan berkunjung ke Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Sejahtera Parit Mayor Kota Pontianak. Kunjungan ke BBI Kota Pontianak dan P2MKP Sejahtera diikuti oleh 83 orang mahasiswa dan 7 orang dosen serta 1 orang teknisi.

Koordinator BBI Kota Pontianak, Bapak Nuzul Kurniawan, S.ST menyambut baik kehadiran para mahasiswa budidaya perikanan Polnep. Dalam kunjungan tersebut, para mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan pertanyaan kepada pengelola tentang pembudidayaan ikan. Manajer Pengendali Mutu Perbenihan Bapak Khodirin dan tenaga teknis produksi Bapak Dedy memberikan arahan terkait balai benih ikan yang dikelolanya. Hadir dalam pertemuan mahasiswa budidaya perikanan Polnep denan pengelola, juga dihadiri oleh pimpinan P2MKP sejahtera Bapak Mawardi.

Dalam kesempatan itu, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk berkeliling BBI untuk melihat sarana dan prasarana kegiatan pembenihan yang ada, seperti kolam, hatchery dan sarana lainnya, termasuk komoditas yang ada di BBI. Jika di BBI kegiatan budidaya yang dilakukan pembenihan, sementara di P2MKP mahasiswa dapat melihat langsung kegiatan pembesaran yang dilakukan pada Keramba Jaring Apung dan Keramba Jaring Tancap di Sungai Kapuas. Komoditas yang ada di P2MKP lebih bervariasi antara lain ikan nila, lele, koi, tengadak, patin dan ikan air tawar lainnya.

Diharapkan kunjungan yang dilakukan ini dapat memotivasi mahasiswa dan meningkatkan wawasan, pengetahuan kewirausahaan sejalan dengan salah satu profil lulusan prodi sebagai seorang wirausaha, ungkap Sarmila dosen pembimbing mahasiswa.

(Erwandi – Pranata Humas Ahli Madya)


Tags: No Tags

10 Comments


Leave a Comment

Recent Posts