PEMBUKAAN PAMERAN PENDIDIKAN SEMARAK BULAN MERDEKA BELAJAR 2024

Image

by ully sartika 1 bulan yang lalu 0 comments 183 views

Politeknik Negeri Pontianak berkolaborasi dengan Universitas Tanjungpura, BPMP Kalbar, BGP Kalbar, BPK Wilayah XII Kalbar, Balai Bahasa Kalbar, Dinas Dikbud Kalbar, Dinas Dikbud Kota Pontianak, dan Dinas Dikbud KKR selenggarakan pameran pendidikan semarak bulan merdeka belajar tahun 2024. Pembukaan kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat 17 Mei 2024, di Taman Sepeda Komplek Universitas Tanjungpura Pontianak. Pembukaan dihadiri Penjabat Sekda Kalbar, Asisten I KKR, dan pimpinan unit panitia kegiatan. Dalam sambutannya Kepala  BPMP Kalbar Iwan Kurniawan selaku sekretaris panitia menyampaikan kegiatan pameran dengan tema "Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar" akan dilaksankan selama tiga hari 17-19 Mei 2024. Kegiatan akan dirangkaikan dengan talkshow, lokakarya, exibhisi permainan tradisional, lomba bagi guru dan siswa, lomba seni budaya, senam bersama, dan jalan sehat. 

Rektor Untan Garuda Wiko sebagai pengarah panitia dalam sambutannya menyampaikan kita tidak boleh kehilangan momentum dalam peta jalan untuk mengatasi ketimpangan akses. Saat ini hanya ada 30-40% lulusan SMA yang dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Terjadi juga ketimpangan kualitas yang menjadi tantangan kita bersama. Ada kesenjangan antara pendidikan dengan dunia kerja, ini harus bisa kita atasi. Ketiga masalah ini yang saat ini dibuatkan kebijakan oleh Mas Menteri berupa program merdeka belajar. Untuk itu diperlukan gerakan bersama dan partisipasi multi aktor, lintas pihak dan gerakan menyeluruh dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Serta terus memastikan keterhubungan antara dunia akademis dan mitra-mitra strategis. Keberlanjutan merdeka belajar akan sangat tergantung kepada kemampuan kita bersama untuk mentransformasikan kebijakan merdeka belajar ini menjadi nilai penuntun dan kultur para pendidik.

Penjabat Sekretaris Daerah Kalbar Mohammad Bari mewakili Penjabar Gubernur Kalbar membuka secara resmi pameran pendidikan semarak bulan merdeka belajar 2024. Dalam sambutannya menyampaikan pendidikan merupakan salah satu kunci utama untuk membangun bangsa yang maju dan sejahtera. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia termasuk di Kalimantan Barat. Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah adalah meluncurkan dan melaksanakan program merdeka belajar. "Saya berharap kita semua insan-insan pendidikan Kalimantan Barat dapat bersatu padu meningkatkan kualitas pendidikan di Kalimantan Barat, dan mengoptimalkan gerakan merdeka belajar. Kita harus bekerja sama untuk memastikan bahwa setiap anak di Kalimantan Barat mendapatkan pendidikan yang berkualitas", ungkap PJ Sekda Bari.

"Saya berharap pameran ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah dan guru-guru di Kalimantan Barat untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini. Kepada para peserta pameran saya ucapkan selamat atas karya dan inovasinya. Saya harap karya-karya tersebut dapat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di Kalimantan Barat. Kepada guru dan tenaga kependidikan, saya ucapkan terima kasih atas dedikasinya dalam mencerdaskan anak bangsa. Saya berharap para guru dan tenaga kependidikan dapat terus meningkatkan kualitas diri dan mengembangkan kompetensinya. Kepada para siswa dan siswi, saya harap kalian dapat belajar dengan giat dan penuh semangat. Gunakanlah kesempatan ini untuk mengembangkan bakat dan potensi diri kalian. Jadilah generasi penerus masa depan bangsa Indonesia yang cerdas, kreatif, dan berkarakter", timpal Bari.

Tags: No Tags

0 Comments


Leave a Comment

Recent Posts