POLNEP GELAR WORKSHOP PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 2024

Image

by ully sartika 2 bulan yang lalu 1 comments 245 views

Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) selenggarakan workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid, Sabtu 3 Februari 2024 dilaksanakan secara luring bertempat di ruang Accounting Hall Polnep dan daring melalui aplikasi zoom. Acara dihadiri dan dibuka oleh Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Alumni serta mengundang peserta workshop seluruh perwakilan mahasiswa semester 3, 5, dan 7 seluruh prodi yang ada di lingkungan Politeknik Negeri Pontianak. Ikut hadir juga secara daring mahasiswa KIP dan PSDKU Polnep. Workshop ini diadakan dengan tujuan memberikan pemahaman kepeda peserta workshop mengenai cara menggali ide dan strategi untuk bisa lolos pendanaan PKM tahun 2024. Workshop menghadirkan narasumber dosen dari Jurusan Administrasi Bisnis yaitu Ul Qadri, S.A.P., M.Si. 

Dalam sambutannya Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dede Irwan, S.T., M.T. mendorong mahasiswa Polnep untuk bisa lolos mengikuti PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional). PIMNAS merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan sebagai wadah bagi mahasiswa peserta untuk mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional. "Di PKM yang harus ditanamkan adalah semangat, jika semangat sudah ada apa yang tidak bisa. Tapi kalau sudah tidak semangat, masuk telinga kanan keluar telinga kiri ya sudah tidak akan berhasil. Tapi percayalah siapa yang rajin pasti itu yang akan sukses. Jadi latihlah diri kalian untuk selalu rajin, karena melatih rajin itu akan membentuk karakter. Dan nanti yang dibutuhkan di dunia kerja itu bukan hanya pintar, tapi manusia yang memiliki karakter, tangguh, pekerja keras, tidak menyerah, dan mau berusaha", ungkap Dede memberikan motivasi kepada peserta workshop. Wadir 3 Polnep berharap dan berdoa tahun 2024 ini akan ada mahasiswa dari Polnep yang akan lolos PIMNAS.

PKM merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa dalam karya ilmiah. Jenis-jenis PKM meliputi penelitian (PKM-RE, PKM-RSH), membangun desa (PKM-PM, PKM-PI), studi/proyek independen (PKM-KC, PKM-KI), kewirausahaan (PKM-K), proyek kemanusiaan (PKM- PM, PKM-PI), serta PKM-VGK, PKM-GFT, PKM-AI (semua kanal MBKM). PKM 2024 dilaksankan untuk periode waktu 4-5 bulan. Dengan pendanaan maksimal 13 juta, dari Belmawa 6-10 juta, maksimal dana pendamping PT sebesar 2 juta dan dana maksimal dari instansi lain sebesar 1 juta. Keluaran dari PKM yaitu berupa laporan kemajuan, laporan akhir, produk PKM dan iklan di akun media sosial.

Dalam penyampaian materi Ul Qadri memberikan beberapa tips kepada peserta workshop. Ada beberapa kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan mahasiswa diantaranya : penulisan nama yang disingkat, mengunggah halaman judul dan halaman pengesahan dalam isi utama proposal, akronim atau singkatan dalam judul, pemilihan huruf yang berbeda, penulisan bab yang salah, jarak spasi, jarak tepi (rata kanan kiri atas dan bawah), dan cara penulisan pustaka yang salah. Di akhir sesi narasumber memberikan beberapa kiat sukses kepada peserta workshop diantaranya : niat dan komitmen, baca pedoman PKM dengan cermat dan penuhi syarat administrasi, tulis proposal sesuai dengan pedoman umum dan pelaksanaan serta fokus pada kreativitas dan kekhasan bidang PKM.

Tags: No Tags

1 Comments


Leave a Comment

Recent Posts