POLNEP IKUTI CAMPUS ROADSHOW DAN EXPO PENDIDIKAN DI SMAN 1 PONTIANAK

Image

by ully sartika 1 bulan yang lalu 3 comments 188 views

Dalam rangka memenuhi undangan dari SMAN 1 Pontianak pada acara Gelar Nuansa Edukasi Studi Lanjutan Ganesa (GANESHA) 2024, Polnep turut berpartisipasi mengikuti kegiatan campus roadshow dan expo pendidikan yang digelar pada tanggal 11-13 Januari 2024 bertempat di SMA Negeri 1 Pontianak. Hari pertama tim sosialisasi dan promosi (sospro) dari Polnep beranggotakan tiga orang mahasiswa dari jurusan Teknik Sipil melakukan roadshow ke ruang kelas XII. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 07:30 dan berakhir pada pukul 13.20 WIB ini menyasar delapan kelas. Dalam kesempatan ini dijelaskan kepada siswa mengenai beberapa hal tentang Polnep, diantaranya mengenai jurusan dan program studi yang ada, fasilitas-fasilitas yang ada di kampus, prestasi yang diraih oleh Polnep, beasiswa KIPK, Program Mahasiswa Merdeka, IISMA, PMB, serta link website dan media sosial yang dapat diakses oleh siswa untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Polnep.

Di hari kedua diselenggarakan kegiatan Expo Pendidikan, pada kesempatan ini stand diisi oleh tiga jurusan yang ada di Polnep yaitu perwakilan dari Jurusan Teknik Sipil, Teknologi Pertanian serta Ilmu Kelautan dan Perikanan. Berkunjung ke meja Jurusan Teknik Sipil diperagakan model gedung yang digunakan pada Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) 2023 terdapat dua model yaitu beton dan baja. Tampak juga satu alat praga berupa crane RC yang bisa digerakkan menggunakan remote control. Selain itu juga ada hasil kerajinan praktik kayu mahasiswa yang diproduksi dari bengkel sipil. Ditampilkan juga dua piala yang diraih oleh tim sipil pada KBGI tahun 2022 dan 2023. Yang cukup menarik juga ditampilkan alat peraga pelindung diri berupa helm dan rompi keselamatan yang digunakan oleh pengawas ketika melaksanakan proyek sipil. Di stand jurusan Teknik Sipil, siswa bekesempatan berfoto dengan finalis KBGI tahun 2023. Terakhir stand menyiapkan sebuah display laptop yang menampilkan video-video kegiatan di jurusan Teknik Sipil serta promosi terkait Polnep.

Stand Jurusan Teknologi Pertanian menampilkan profil tiga prodi yang ada yaitu D4 Pengolahan Hasil Perkebunan Terpadu (PHPT), D4 Manajemen Perkebunan (MJP) dan D4 Budidaya Tanaman Perkebunan (BTP). Beberapa produk yang ditampilkan diantaranya tupai dan beberapa binatang asli yang diawetkan oleh mahasiswa BTP. Peragaan alat-alat pembuat kopi dari prodi MJP. Sedangkan dari prodi PHPT menampilkan produk-produk yang dihasilkan dari pratikum mahasiswa seperti : minyak kelapa, sabun, kecap dan sirup berbahan baku kelapa, serta pisang salai. Terakhir stand jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan dari prodi D3 Teknologi Penangkapan Ikan menampilkan alat diving scuba ke dasar laut. Alat-alat diving akan digunakan untuk menjelajah Pulau Lemukutan di Kabupaten Bengkayang. Beberpa alat selam yang ditampilkan diantaranya baju selam dan tabung oksigen. Peralatan ini dapat dicoba langsung oleh pengunjung stand. Selain itu mahasiswa TPI juga menampilkan furniture kapal latih Polnep. Prodi D4 Pengolahan dan Penyimpanan Hasil Perikanan menampilkan berbagai olahan makanan berbahan baku ikan dan udang yang diproduksi oleh mahasiswa di worksop seperti ikado, hekeng, otak-otak, dimsum, risol dan basreng.

Selain kegiatan campus roadshow dan expo pendidikan, GANESHA 2024 juga menghadirkan seminar pendidikan, tes masuk Universitas, saresehan dan bazar UMKM. SMAN 1 Pontianak turut mengundang sekolah SMA, SMK, MA dan sederajat di Kota Pontianak, Kabupaten Kuburaya, dan Kabupaten Mempawah. Kegiatan ini juga mengundang peserta dari Universitas Negeri, Universitas Swasta, dan Lembaga pendidikan diantaranya : UNTAR, STBHB, YKPN, Universitas Jenderal Achmad Yani, Widya Dharma, Pesona Consulting, President University, STMIK, UMP, BINUS, UMY, Spain study in spain, Phanca Bhakti, Satu University, TSM, UI, Rumah Bakat, Ruang guru, ITS, BRAWIJAYA, Untan Kedokteran, Bali internasional, serta UGM.

Tags: No Tags

3 Comments


Leave a Comment

Recent Posts