POLNEP JALANI EVALUASI ZONA INTEGRITAS

Image

by ully sartika 1 tahun yang lalu 1 comments 581 views

Demi mempercepat pencapaian sasaran reformasi birokrasi seperti termaktub pada road map   reformasi birokrasi 2020-2024, terutama terkait birokrasi yang bersih dan akuntabel, dan pemberian pelayanan publik yang prima, maka telah ditetapkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah pada tanggal 31 Desember 2021. 

Zona Integritas didefinisikan sebagai instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya telah berkomitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima.

Sementara itu, Wilayah Bebas dari Korupsi adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/satuan kerja yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan baik, yang telah memenuhi sebagian besar kriteria proses perbaikan pada komponen pengungkit serta mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima.

Sedangkan untuk Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/satuan kerja yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan sangat baik, dengan telah memenuhi sebagian besar kriteria proses perbaikan pada komponen pengungkit untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima.

Dengan semangat untuk ikut menyukseskan agenda reformasi birokrasi tersebut, tahun 2023 ini Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) kembali mengikuti Seleksi Zona Integritas Menuju WBK/WBBM. Polnep telah dinyatakan lulus tahap seleksi administrasi sehingga berhak untuk lanjut ke tahap evaluasi. Tahap Evaluasi Zona Integritas di Polnep dilaksanakan pada hari Jumat (12/05/2023). Kegiatan evaluasi ini berlangsung di Hall Jurusan Akuntansi.

Untuk tahapan evaluasi ini, Polnep mendapat kesempatan untuk direviu oleh dua orang reviewer sebagai utusan langsung dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Mereka adalah Bapak Wiweko Iskanugrahan dan Bapak Patar Panjaitan. Hasil dari Evaluasi Zona Integritas sungguh menggembirakan untuk seluruh civitas Polnep karena skor yang di dapat layak untuk maju ke tahap selanjutnya yaitu penilaian dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).


Tags: No Tags

1 Comments


Leave a Comment

Recent Posts