POLNEP MENGGELAR SOSIALISASI PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM

Image

by ully sartika 10 bulan yang lalu 5 comments 579 views

Pasca penetapan Polnep sebagai instansi pemerintah yang menerapkan pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK BLU) berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 178 tahun 2023 tanggal 22 Mei 2023. Polnep menyelenggarakan sosialisasi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK BLU) ke seluruh pegawai di lingkungan Polnep 8-9 Agustus 2023. Bertempat di ruang Hall Akuntansi Polnep kegiatan sosialisasi PK BLU dibagi menjadi dua hari. Di hari pertama sosialisasi dilakukan untuk 119 Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) dosen, tendik dan satpam. Untuk hari kedua dibagi menjadi dua sesi pagi dan siang sosialisasi untuk 151 ASN tendik dan PLP. Sosialisasi diisi dengan penyampaian materi oleh tim PK BLU Polnep Elsa Sari Yuliana, S.E., M.Sc, arahan dari direktur Polnep Dr. H. Widodo PS, S.T., M.T. dan terakhir diisi dengan sesi tanya jawab.

BLU sendiri memiliki pengertian Instansi di lingkungan pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas. BLU dibentuk agar instansi pemerintah dapat memberikan layanan maksimal kepada masyarakat tanpa ketergantungan dengan dana pemberian pemerintah, seperti APBN. Maka, dalam praktiknya BLU memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang maupun jasa tanpa mengedepankan upaya meraup keuntungan. Pola pengelolaan keuangan yang memberikan fleksibilitas berupa keleluasaan untuk menerapkan praktik bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Beberapa kelebihan pasca perubahan Polnep dari Satker menjadi BLU. Dapat menggunakan PNBP secara langsung, mempunyai fleksibilitas pengelolaan keuangan negara, pertanggungjawaban dengan SP3B, surplus anggaran dapat digunakan pada tahun anggaran berikutnya dan kekayaan negara tidak dipisahkan. Menjadi BLU itu berarti kita mengubah budaya kerja. Bukan masalah uang saja, tapi mindset juga harus ikut berubah, termasuk perubahan ke arah semangat entrepreneurship. ke arah kebersamaan membangun POLNEP. Perubahan mindset dari birokrasi menjadi government entrepreneur.


Tags: No Tags

5 Comments


Leave a Comment

Recent Posts