POLNEP SAMBUT KEDATANGAN 49 MAHASISWA PROGRAM PMM BATCH 3 TAHUN 2023

Image

by erman prianto 5 bulan yang lalu 4 comments 574 views

Politeknik Negeri Pontianak sambut kedatangan 49 mahasiswa inbound program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) batch 3 tahun 2023. Bertempat di ruang Accounting Hall lantai 2 gedung Akuntansi, Jumat 22 September 2023 kegiatan penyambutan dihadiri oleh Direktur Polnep, Wakil Direktur, Kajur, Koprodi, BEM, MPM dan perwakilan UKM. Kedatangan mahasiswa program PMM ini disambut hangat oleh jajaran kampus. Hal itu dilakukan bahkan sejak para mahasiswa tiba di bandara udara Internasional Supadio Pontianak. Pendaftar Program PMM batch 3 tahun 2023 tujuan Polnep cukup antusias, berdasarkan data pendaftar sebanyak 670 mahasiswa dari 101 Perguruan Tinggi. Yang lolos kuota sebanyak 60 dari 25 Perguruan Tinggi. Pendaftar yang konfirmasi sebanyak 53 mahasiswa dan yang datang ke Polnep sebanyak 49 mahasiswa dari 19 Perguruan Tinggi. Berikut Perguruan Tinggi asal mahasiswa yang mengikuti program PMM di Polnep : Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Politeknik Negeri Batam, Politeknik LPP Yogyakarta, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, Universitas Airlangga, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Piksi Ganesha, Politeknik Negeri Madiun, Universitas Negeri Yogyakarta, Politeknik Negeri Bengkalis, Universitas Syiah Kuala, Politeknik Negeri Media Kreatif, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Sriwijaya, Universitas Mandiri Bina Prestasi, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Institut Pertanian Bogor, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Universitas Udayana, Universitas Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Madura dan Universitas Perintis Indonesia.

Koordinator program PMM Polnep Yudithya Ratih, S.T., M.T. mengatakan kegiatan PMM batch 3 ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi vokasi dan sudah menjadi kegiatan ketiga yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Akademik. Diikuti oleh 62 Perguruan Tinggi Vokasi dengan 3903 kuota kursi. Polnep merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Vokasi di Kalimantan dari empat Perguruan Tinggi yang tahun ini melaksanakan PMM batch 3 dari keseluruhan yang ada di Indonesia. Mahasiswa peserta PMM akan melaksanakan 4 SKS modul nusantara. Mahasiswa akan diajak untuk mengenal keberagaman nusantara melalui mata kuliah khusus dalam Program PMM 3 yaitu Modul Nusantara (MN). Modul Nusantara merupakan rangkaian kegiatan yang difokuskan untuk menciptakan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial yang didesain melalui pembimbingan secara berurutan dan berulang. Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan Modul Nusantara adalah untuk memaksimalkan ruang jumpa mahasiswa, menambah, pemahaman, dan pengendapan makna toleransi. Memperkenalkan kekayaan kebudayaan nusantara yang bersumber dari berbagai golongan, suku, ras, agama, dan kepercayaan. Dalam pelaksanaan Modul Nusantara, Mahasiswa Peserta PMM batch 3 dibimbing oleh Dosen Modul Nusantara (Dosen MN) dan dibantu oleh liaison officer (LO).

Dalam sambutannya Direktur Polnep Dr. H. Widodo PS, S.T., M.T. mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Peserta PMM memilih Polnep sebagai kampus tujuan. "Berani memijakkan kaki di tanah Kalimantan itu sudah hebat, dan ada pameo di Kalimantan ini kalau sudah minum air Kalimantan biasanya akan kembali lagi. Politeknik Negeri Pontianak adalah satu-satunya Politeknik bunga rampai yang ada di Indonesia, kenapa bunga rampai karena Polnep satu-satunya politeknik yang memiliki jurusan paling lengkap dari seluruh Indonesia. Nikmati budaya yang ada di sini, kami tiga suku besar yang ada yaitu cidayu (Cina, Dayak dan Melayu). Silahkan bergabung bersama, membaur dengan kebinekaan kita. Bahwasanya kita satu Indonesia Raya, berbeda-beda tapi tetap satu bertukar sementara bermakna selamanya. Polnep mempunyai moto tepat waktu, ukuran dan aturan jadi tolong kita selalu ontime". Di acara penyambutan ini diisi juga dengan tarian cidayu untuk menyambut kedatangan peserta PMM. Untuk meramaikan acara Direktur mengadakan kuis dan memberikan pertanyaan ke peserta yang hadir. Ihya Nurina Ratindra asal dari Politeknik Negeri Jember beruntung berhasil menjawab pertanyaan dari Direktur dan berhak mendapatkan hadiah senilai dua juta rupiah, hadiah diserahkan langsung oleh Direktur Polnep.

Tags: No Tags

4 Comments


Leave a Comment

Recent Posts