POLNEP SELENGGARAKAN SHOLAT IDUL ADHA 1445H DAN PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN

Image

by ully sartika 3 minggu yang lalu 0 comments 182 views

Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) menggelar sholat Idul Adha 1445 H pada hari Senin, 17 Juni 2024. Lapangan parkir kampus POLNEP di Jalan Ahmad Yani Pontianak menjadi tempat sholat yang sarat makna dan khidmat. Selain dihadiri civitas POLNEP, tampak juga hadir warga sekitar kampus yang juga ikut melaksanakan sholat ied ini.

Bertindak sebagai imam dan khotib sholat Ustadz H. Ma'ruf Zahran, S.Ag., M.Ag. Dalam khutbahnya khotib menyampaikan ada dua hal yang kita peringati hari ini yaitu pelaksanaan haji dan ibadah kurban. Nabi Ibrahim diberikan mimpi oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala untuk menyemblih anaknya Nabi Ismail. Ketika disampaikan ke putranya, Ismail menjawab untuk Ayahnya melaksanakan perintah Allah. "Sembelihlah Aku insyaa Allah Engkau akan mendapatiku sebagai orang-orang yang sabar", jawab Ismail. Hakikat yang disembelih adalah ego, pangkat, jabatan, harta kekayaan, kemuliaan, dan kehormatan kita. Semua itu harus tunduk kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Khatib menyampaikan khutbah Rasullullah ketika wukuf di Arafah pada tahun 9H, momen haji pertama dan sekaligus haji terakhir yang dilakukan oleh Baginda Rasullullah. Ada enam hal isi khutbah yang disampaikam Rasullullah, yaitu : (1). Sesungguhnya Idul Adha adalah hari yang mulia, (2). Wahai seluruh manusia sesungguhnya kita dari Nabi Adam dan Adam tercipta dari tanah, kemuliaan manusia dinilai dari kadar takwanya. (3). Wahai manusia sesunguhnya Allah menciptakan kamu laki-laki dan perempuan, menjadikan kamu berbangsa-bangsa, bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang-orang yang paling mulia di sisi Allah di antara kamu adalah orang yang paling bertakwa. (4). Aku tinggalkan kepada kamu, jika kamu berpegang teguh pada keduanya kamu tidak akan sesat selama-lamanya yaitu Al Qur'an dan sunnah Nabi. (5). Wahai manusia takutlah kamu dengan perilaku aniaya dan semena-mena kepada orang lain. (6). Surah terakhir sudah lengkap diturunkan oleh Allah yaitu surah Al Maidah ayat 3 yang artinya "Pada hari ini Aku telah sempurnakan bagimu agamamu dan telah Aku lengkapi karunia nikmat-Ku atasmu serta telah Aku ridhai Islam itu menjadi agamamu". 

Selepas pelaksanaan sholat ied jamaah melakukan ramah tamah dengan direktur dan jajaran manajemen POLNEP dan diikuti dengan jamuan makan dan minum yang telah disediakan oleh panitia. Tahun ini Polnep menerima hewan kurban sebanyak 10 ekor sapi dan 6 ekor kambing. Selanjutnya daging hewan kurban dibagikan kepada warga di sekitar kampus.

Direktur POLNEP Dr. H. Widodo PS, S.T., M.T. menyampaikan, sholat idul adha akan menjadi kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya. Kegiatan tersebut menjadi bagian dari upaya POLNEP menanamkan nilai-nilai religius, ketakwaan, saling menghargai, juga kepedulian sosial bagi seluruh sivitas akademika.

Tags: No Tags

0 Comments


Leave a Comment

Recent Posts