PRODI D3 BUDIDAYA PERIKANAN POLNEP SELENGGARAKAN STADIUM GENERALE

Image

by erman prianto 8 bulan yang lalu 0 comments 573 views

Program Studi D3 Budidaya Perikanan Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Politeknik Negeri Pontianak menyelenggarakan kegiatan Stadium General pada Jumat 8 September 2023. Kegiatan yang diikuti perwakilan dosen dan para calon wisudawan program studi Budidaya Perikanan tahun 2023. Dalam kegiatan ini hadir Koordinator Program Studi Budidaya Perikanan Sarmila, S.Pi, M.Si., Ketua Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Jumadi Sudarso, S.St.Pi, M.Si., serta Wakil Direktur I H. Irawan Suharto, S.T., M.T. Narasumber pada kegiatan ini adalah Dr. Supono, M.Si dan Dr. Agus Setyawan, M.Si dari Program Studi Budidaya Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Kegiatan dibuka secara resmi oleh H. Irawan Suharto, S.T., M.T. mewakili Direktur.

Kegiatan Stadium General ini dengan tema "Meningkatkan kompetensi Lulusan D3 Prodi Budidaya Perikanan Jurusan IKP Polnep melalui Penerapan Teknik Budidaya Ikan dengan Sistem Bioflok"  bertujuan untuk mengupgrade Kembali kompetensi calon wisudawan dalam kemampuan teknis dan pengetahuan tentang penerapan budidaya ikan sehingga mereka menjadi lebih siap dan percaya diri dalam memasuki dunia kerja dan dunia usaha.

Calon wisudawan sangat antusias dan serius dalam mengikuti kegiatan ini. Terlihat dari pertanyaan-pertanyaan berbobot yang diberikan dan tanggapan positif sebagai bentuk sharing pengetahuan. Para nasaumber juga bersemangat dan memberikan respon positif terhadap semangat yang luar biasa bagi 70 orang calon wisudawan yang hadir. Sebagaimana pernyataan Dr. Supono, M.Si. "kami sangat senang bisa hadir untuk berbagi ilmu dalam kegiatan Stadium General ini" dan dilanjutkan oleh Dr. Agus Setyawan, M.Si. "Prodi Budidaya Perikanan Polnep sangat luar biasa, dari kegiatan silaturrahmi dan diskusi kecil di sore hari, sukses menjadi Stadium General keesokan harinya".

Pada kesempatan ini, juga disampaikan peluang dan tantangan yang akan dihadapi dalam budidaya perikanan. Baik untuk ikan-ikan instroduksi seperti ikan nila, ikan lele maupun udang vannamei. Dalam hal ini, penekanan materi difokuskan pada budidaya ikan dan udang dengan sistem bioflok serta bangaimana mengenali, mencegah dan mengobati penyakit udang yang saat ini makin marak sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi pembudidaya. Pada akhir sesi, dilakukan pemberian door prize bagi peserta yang berhasil memberikan tanggapan terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh narasumber sebagi bentuk evaluasi keterserapan materi oleh peserta.

Program studi Budidaya Perikanan selalu memanfaatkan kesempatan yang luar biasa setiap kali kedatangan para ilmuwan sebagai momen untuk berbagi ilmu dan informasi dalam bentuk Kuliah Tamu maupun Stadium General. Terima kasih kepada para narasumber yang telah menyempatkan waktunya untuk berbagi ilmu, semoga menjadi amal jariyah. Semoga Kerjasama ini bisa terus terjalin dengan baik dalam membangun generasi perikanan yang tangguh dan bermental entrepreneur.

Tags: No Tags

0 Comments


Leave a Comment

Recent Posts