SHARING SESSION TIPS DAN TRICK IISMA 2024

Image

by ully sartika 3 minggu yang lalu 2 comments 181 views

Unit Penunjang Akademik (UPA) Bahasa Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) bekerja sama dengan Kantor Urusan Internasional Polnep mengadakan sharing session mengenai tips and trick Lolos Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024. Di kegiatan ini, peserta berkesempatan mendapatkan info mengenai pendaftaran IISMA, tips menaklukkan tes Bahasa Inggris, dan juga berkesempatan mendengar secara langsung kiat jitu dari para mahasiswa Polnep yang menjadi Awardee IISMA 2023. IISMA adalah sebuah skema beasiswa yang dibuat oleh Kemendikbudristek untuk mendanai pelajar Indonesia dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar selama satu semester di universitas terkemuka dan industri terkemuka di luar negeri. Kegiatan sharring session ini dilaksanakan hari Jumat 2 Februari 2024 bertempat di ruang Rinjani Politeknik Negeri Pontianak.

Acara dihadiri oleh Wakil Direktur Bidang Akademik dan Perencanaan (Wadir 1), Kepala UPA. Bahasa Polnep, Kepala Kantor Urusan Internasional Polnep dan menghadirkan empat mahasiswa Polnep sebagai Awardee IISMA 2023. Cassandra Effrida Susilo mahasiswa Prodi D4 Akuntansi dengan tujuan kampus Asia University (Taiwan). Tania Diah Ayuni mahasiswa Prodi D4 Perencanaan Perumahan & Pemukiman dengan tujuan kampus Ecole Superieure du Bois (France). Devira Melinda Gustiono mahasiswa Prodi D3 Akuntansi tujuan Kampus Teesside University (UK). Adinda Putri mahasiswa Prodi D4 Perencanaan Perumahan & Pemukiman dengan tujuan kampus University of Missouri Kansas (USA).

Kegiatan workshop diawali dengan seluruh peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan doa. Kemudian penyampaian kata sambutan sekaligus membuka acara oleh Wadir 1 Polnep H. Irawan Suharto, S.T., M.T. Satu pesan dari Wadir 1 untuk mahasiswa agar dapat menjaga diri dan menjaga nama baik Polnep jika tahun 2024 ini bisa lulus menjadi awardee. Para peserta diharapkan dapat mendengarkan tips dan trick dari awardee yang sudah berangkat di tahun 2023. Wadir 1 berdoa semoga calon awardee yang mendaftar tahun ini dapat lulus semua. "Mudah-mudahan apa yang menjadi cita-cita mahasiswa untuk dapat berangkat ke luar negeri ini bisa terwujud", ungkap Irawan. Kepala UPA. Bahasa Polnep Nurul Fitriani, S.Pd., M.Ed. menyampaikan dukungan UPA Bahasa Polnep untuk peserta IISMA 2024. Informasi umum mengenai TOEIC test terkait model soal, pelaksanaan tes serta skor minimum untuk persiapan IISMA 2024. Kepala Kantor Urusan Internasional Polnep Muhammad Ali, S.Pd., M.EIL memberikan informasi IISMA 2024 mengenai kriteria, tahapan seleksi, dan informasi penting terkait pendaftaran.

Ada beberapa keuntungan mengikuti IISMA diantaranya mengembangkan akademik mahasiswa dengan kesempatan belajar di universitas ternama di luar negeri serta memperluas pengetahuan melalui lingkungan akademik yang berbeda. Dapat mempelajari keragaman budaya dan menghargai perbedaan budaya. Selain itu mahasiswa dapat membuka wawasan terhadap perbedaan dan menambah pengalaman hidup. Memahami prospek global dan membantu mahasiswa memahami beragam isu internasional sehingga dapat mengembangkan pemikiran kritis. Membangun jaringan profesional di tingkat internasional, memberikan peluang untuk kolaborasi, dan pertumbuhan karier. Meningkatkan kemampuan berbahasa asing serta mengasah kemampuan komunikasi yang lebih efektif.  Menambah pengalaman dan nilai positif dalam karier. Dengan mengikuti IISMA, mahasiswa bisa mencantumkan pengalaman mengikuti program ini dalam resume dan menambah nilai diri saat melamar kerja kelak.

Tags: No Tags

2 Comments


Leave a Comment

Recent Posts