TEKNIK ELEKTRO SELENGGARAKAN WORKSHOP PENYIAPAN DOKUMEN PBL

Image

by ully sartika 1 bulan yang lalu 232 comments 384 views

Program Studi Sarjana Terapan (Diploma 4/D4) Teknologi Rekayasa Sistem Elektronika (TRSE) melaksanakan Workshop Pengembangan Modul Pembelajaran Praktik pada Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Sistem Elektronika yang dilaksanakan dalam 2 hari yaitu tanggal 7 dan 8 Desember 2022. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan program penguatan Prodi D4 TRSE sebagai hasil transformasi dari program studi sebelumnya, D3 Teknik Elektronika melalu Program Competitive Fund (CF). Acara ini dihadiri oleh para Dosen di lingkungan Jurusan Teknik Elektro dengan Narasumber Bapak Senanjung Prayoga, S.Pd., M.T. dari Politeknik Negeri Batam.

Kegiatan ini dibuka oleh Pembantu Direktur I Politeknik Negeri Pontianak, Bapak Drs. Slamet Tarno, M.Si. Dalam sambutannya, ia mengungkapkan bahwa sebagai Prodi yang menghasilkan lulusan D4, hal yang harus diperhatikan adalah kualitas peserta didik. Lebih lanjut dikatakannya, sudah bukan lagi hanya sampai pada kemampuan struktural dan analisis, tetapi juga mencakup kemampuan struktural, analisis, dan sintesis. Oleh karena itu, perlu dibuat lingkungan belajar yang dapat memancing kemampuan sintesis mahasiswa. Melalui model pembelajaran PBL secara efektif di lingkungan Politeknik Negeri Pontianak, tidak hanya daya kreasi dan karya mahasiswa yang meningkat, tetapi kemampuan dan ruang para dosen untuk berkarya pun menjadi lebih berkembang, ungkapnya berharap.

Sementara itu, Hasan, ST, MT Ketua Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Pontianak berharap dari rangkaian kegiatan workshop para pengajar dapat mengembangkan pengetahuan terkait dengan pembelajaran PBL. Dengan demikian pelaksanaan proses belajar mengajar yang dilaksanakan semakin inovatif, berkembang, dan berdampak positif bagi para peserta didik dan seluruh stakeholder terkait, terutama di dunia Pendidikan, khususnya di lingkungan Politeknik Negeri Pontianak.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan pengembangan modul pembelajaran praktik yang baik harapannya kegiatan praktik menjadi lebih terarah dan berstandar industri, sehingga lulusan memiliki kompetensi dan berdaya saing di pasar kerja industri. Dan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan tentang PLB, DAN TEPA.. serta pembuatan dokumen baik RPS dan persiapannya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Narasumber, Bapak Senanjung Prayoga, S.Pd., M.T. (PoliBatam) tentang Implementasi Teknis Penerapan Project Based Learning yang terdiri dari  implementasi PBL di Prodi Robotika Politeknik Negeri Batam, Tahapan PBL pada perguruan tinggi vokasi, Tata Kelola PBL, Perangkat PBL, Asesmen PBL, Penggunaan aplikasi Trello, dan Pembentukan ide PBL pada Prodi.

(Erwandi – Pranata Humas Ahli Madya)


Tags: No Tags

232 Comments


Leave a Comment

Recent Posts