UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA 2023 DI POLNEP

Image

by erman prianto 7 bulan yang lalu 2 comments 588 views

Direktur Politeknik Negeri Pontianak mengeluarkan surat pengumuman tentang penyelenggaraan upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023. Surat pengumuman dengan nomor 6011/PL16/TU/2023 ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 31328/MPK.F/TU.02.03/2023 tanggal 15 September 2023 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Lahir Kesaktian Pancasila Tahun 2023. Memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 yang mengusung tema "PANCASILA PEMERSATU BANGSA MENUJU INDONESIA MAJU", Politeknik Negeri Pontianak menyelenggarakan upacara bendera yang dipimpin oleh Wakil Direktur Bidang Akademik dan Perencanaan H. Irawan Suharto, S.T., M.T. selaku Pembina Upacara. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman gedung utama Polnep diikuti seluruh manajeman, para ASN, PPNPN serta mahasiswa.

Pembina upacara dalam sambutannya menyampaikan "Pancasila adalah dasar negara dan ideologi bangsa, Pancasila menjadi kekuatan untuk membangun cita-cita bangsa Indonesia. Pancasila juga merupakan pengingat bahwa di tengah situasi dan kondisi kedaulatan Indonesia tetap harus diletakkan kepada keadilan sosial dan persatuan yang ada di dalam masyarakat. Marilah kita merefleksikan lagi nilai-nilainya sebagai upaya menyatukan kita dan melangkah kedepan untuk meraih kinerja yang lebih maju. Ada banyak masalah bangsa yang harus ditangani termasuk dalam rangka menghadirkan pendidikan berkualitas untuk rakyat Indonesia. Peringatan hari kesaktian Pancasila ini perlu dijadikan momentum merefleksikan hal-hal yang telah dan harus dilakukan untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa yang akan datang. Hendaklah kita mengesampingkan integrasi sosial budaya dalam menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Inilah waktunya merancang keseimbangan baru yang mengedepankan kemajemukan semua kelompok masyarakat dan memprioritaskan proses seleksi alam. Pancasila bisa berperan sebagai perangkat sekaligus tujuan pembangunan bangsa dan negara. Kebangkitan dan kemajuan bangsa ditentukan oleh kemerdekaan keaadan Indonesia untuk mengembangkan potensinya sendiri dan dengan kemampuan dan panggilan hatinya. Ini adalah titik awal berangkat kita. Diharapkan generasi pelajar Pancasila akan hadir yaitu melahirkan sosok pembelajar sepanjang hayat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan, mampu bergotong royong, kritis dan kreatif. Para pelajar inilah yang akan meneruskan estafet Indonesia yang berkelanjutan dan berkeadilan di masa depan. Dengan nilai-nilai Pancasila yang menyertai kehidupan kita marilah kita membangun Indonesia yang lebih tangguh dan lebih mencerdaskan".

Adapun yang mendapat giliran untuk menjadi petugas upacara pada peringatan hari kesaktian Pancasila tahun 2023 di lingkungan Polnep kali ini adalah mahasiswa dari jurusan Teknologi Pertanian. Selama penyelenggaraan, upacara ini berlangsung dengan lancar dan dalam suasana yang khidmat.

Tags: No Tags

2 Comments


Leave a Comment

Recent Posts