DINAS TPH KALBAR MANFAATKAN TEKNOLOGI DRONE POLNEP DUKUNG INTENSIFIKASI

Image

by ully sartika 1 bulan yang lalu 241 comments 296 views

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dinas TPH) Provinsi Kalbar mulai menerapkan teknologi drone sebagai sarana untuk pemupukan dalam rangka mendukung intensifikasi dalam budidaya padi.  Drone untuk penyemprotan tersebut dibuat oleh PT. Arah Teknologi Indonesia di bawah naungan Polnep Pontianak.
Untuk tahap awal dalam penerapan drone ini masih menyasar penyuluh dulu. Penyuluh harus tahu dulu dan diberikan bimbingan teknis. Sehingga ketika penerapan di lapangan sudah paham dan bisa menyebarkan ilmunya," ujar Kepala Dinas TPH Kalbar Florentinus Anum di Pontianak, Senin, 4 April 2022.
Ia menjelaskan bahwa dalam melakukan pembangunan secara moderen tentu perlu teknologi yang mendukung kebijakan meningkatkan produksi yang berujung kesejahteraan petani itu. Arah pembangunan pertanian di Kalbar sudah mengarah ke sana. Meski dalam proses penerapannya secara bertahap di lapangan.
Dalam kerangka kerja di pembangunan pertanian yang saat ini dicanangkan di Kalbar intensifikasi. Setiap tahapan produksi apalagi berbasis kawasan memerlukan sesuatu hal yang produktif, efektif dan efisien.
Apalagi menurutnya, saat ini Kalbar mulai mengembangkan Indeks Pertanaman empat kali tanam selama setahun atau IP 4,00. Dengan hal itu perlu didukung teknologi di setiap tahapan mulai pengelolaan lahan, pemeliharaan, panen dan pasca panen. Sentuhan teknologi penting untuk mendukung pertanian moderen. Kalau secara manual bagaimana kita mau mengejar IP 4,00. Apalagi dalam pengembangan berbasis kawasan. Tentu itu luas dan harus dibantu teknologi dengan alat pertanian juga," kata dia.
Sementara itu, Tony (CEO PT.arah teknologi) mengungkapkan bahwa penggunaan teknologi di bidang pertanian diharapkan tidak hanya meningkatkan produktifitas dan menekan biaya produksi tetapi juga menjadi pendorong untuk kaum milineal untuk ikut bertani.
Sementara itu, Ketua IBT Polnep Zulfikar mengatakan, Polnep mendukung inovasi dari Warga polnep dan alumni untuk dapat bermanfaat dan bernilai tambah baik secara komersil dan produktif.
(Erwandi – Pranata Humas Madya)

Tags: No Tags

241 Comments


Leave a Comment

Recent Posts