FESTIVAL TIK 2022

Image

by ully sartika 2 minggu yang lalu 13 comments 222 views

Direktur : 'Peran perguruan tinggi dalam transformasi Digital sangat strategis'

Festival TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi) 2022 berlangsung meriah yang dilaksanakan di aula gedung terpadu Politeknik Negeri Pontianak, Rabu, 16 November 2022. Pestival TIK tahun 2022 diikuti seluruh Indonesia ini dihadiri para Relawan TIK Indonesia yang di ketuai oleh Fajar Eri Dianto. Kegiatan Festival TIK 2022 dihadiri Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT dan Sultan Pontianak Syarif Mahmud Melvin Alkadrie. 

Direktur Politeknik Negeri Pontianak H. Muhammad Toasin Asha dalam sambutannya mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini yang membawa tema “Transformasi Digital untuk Mempercepat Revolusi Ekonomi dan Parawisata”. Penyelenggaraan ini sangat memberikan manfaat dan nilai tambah bagi para peserta, ungkapnya.

Diungkapkannya bahwa Digital Transformasi atau Transformasi Digital adalah suatu proses pemanfaatan teknologi digital untuk membawa perubahan secara signifikan di berbagai aspek kehidupan sehingga kebutuhan dapat segera terpenuhi dengan lebih cepat, mudah dan juga praktis. Transformasi digital mengacu pada proses dan strategi menggunakan teknologi digital untuk secara drastis mengubah cara bisnis beroperasi dan melayani pelanggan. Ungkapan ini ujarnya, telah menjadi hal yang umum di era digitalisasi. Itu karena setiap organisasi terlepas dari ukuran atau industrinya, semakin bergantung pada data dan teknologi untuk beroperasi lebih efisien dan memberikan nilai kepada pelanggan.

Lebih lanjut dijelaskannya, transformasi digital tidak akan terjadi dengan sendirinya tanpa adanya aspek utama yang menjadi penyebab mengapa hal tersebut terjadi. Tiga aspek tersebut adalah : Pertama adalah manusia, kita semua merupakan aspek utama dalam transformasi digital, dimana keterampilan digital, budaya digital, bahkan sampai struktur organisasi bisnis pun semuanya diisi dan digerakkan oleh manusia, bukan robot. Kedua, Teknologi dimana tranformasi digital, manusia saja tidaklah bisa berdiri sendiri tanpa adanya teknologi yang mendukung. Peran teknologi adalah lebih sebagai alat yang nantinya digunakan manusia untuk menunjang pemenuhan kebutuhan serta permintaan. Ketiga adalah Bisnis, aspek ini tidak kalah penting yang harus ditransformasikan.

Ketiga aspek inilah dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi dan lebih khusus pendidikan vokasi saling disinergikan dan disimulasikan (dipraktekkan) dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peranan perguruan tinggi dalam proses trasnformasi digital dalam berbagai bidang dan aspek kehidupan masyarakat menjadi sangat strategis, ujarnya.

Apa yang dilakukan oleh relawan TIK Indonesia dalam kegiatan ini dengan melibatkan berbagai pihak sangat patut untuk diberikan apresiasi, karena kegiatan seperti ini akan bisa mempercepat proses pemulihan berbagai sektor kehidupan masyarakat, khususnya bidang ekonomi dan parawisata yang sangat terdampak akibat pandemi covid-19, ujarnya mengakhiri sambutan.

(Erwandi – Prananta Humas Ahli Madya)

Tags: No Tags

13 Comments


Leave a Comment

Recent Posts