IBT POLNEP KERJASAMA BALAI PRASARANA PEMUKIMAN PUPR KALBAR SELENGGARAKAN VOCATIONAL TRAINING BDC

Image

by ully sartika 3 minggu yang lalu 26 comments 250 views

IBT Politeknik Negeri Pontianak bekerjasama dengan Balai Prasarana Pemukiman PUPR Kalimantan Barat selenggarakan kegiatan Vocational Training Businees Developmen Center (BDC) Kotaku. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 29 Agustus sampai 01 September 2022 diselenggarakan di hotel Mercur Pontianak tersebut, diikuti 62 peserta KSM Binaan BDC. Kegiatan dihadiri Direktur Polnep, Kepala Balai Prasarana Pemukiman PUPR Kalimantan Barat, Bappeda Kota Pontianak dan para kepala Dinas Pemerintah kota Pontianak.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman PUPR Kalbar Irawanto, ST, MT mengatakan, dalam kontek menunjang pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh dikembangkan sebuah program peningkatan kehidupan masyarakat berkelanjutan, yang merupakan bagian dari program “Kota Tanpa Kumuh KOTAKU”. Lebih lanjut dijelaskannya, salah satu program  Businees Developmen Center (BDC) di Kota Pontianak dengan unggulan kain tenunnya. Untuk mengembangkan lebih maksimal, dibutuhkan pelatihan vokasi dan pengembangan kapasitas ke dalam rencana bisnisnya.

Ia juga menjelaskan, pelatihan vokasi akan membantu memperluas jumlah orang yang memilik keahlian untuk menghasilkan produk dan memastikan bahwa kualitas produk yang dihasilkan memenuhi standar yang diharapkan oleh pasar. Diungkapkannya, pelatihan vokasi ditujukan kepada komite BDC, pengelola BDC, dan KSM Binaan, agar semuanya ikut andil dalam mengembangkan ekonomi unggulan daerah Kota Pontianak. Dengan pelatihan vokasi ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta tentang pengembangan kelembagaan BDC, meningkatkan ketrampilan peserta tentang pengelolaan BDC dan pengembangan ekonomi unggulan KSM Binaan, yang secara kesinambungan dapat meningkatkan pendapatan daerah. 

Sementara itu, Direktur Polnep mengungkapkan bahwa Polnep berupaya mendukung pencapaian SDM berkualitas yang relevan bagi pengembangan dan pemanfaatan potensi sumberdaya alam, guna perluasan lapangan pekerjaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Barat. Perhatian POLNEP atas Keberadaan ekosistem dan inovasi dibidang kewirausahaan telah dimulai secak 2006 dengan ESDP-The Indonesian Entrepreneurial Skills Development Program. Dimana menjadi salah satu Politeknik Negeri Pilot ( Banjarmasin, Kupang, Malang, Manado, Payakumbuh, Pontianak ) dengan menyelenggarakan Pendidikan E’ship mahasiswa dimulai pada T.A. 2007/2008 sampai sekarang serta berbagai program pendukung stimulus jiwa kewirausahaan, ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, perkembangan ekosistem kewirausahaan di POLNEP Diikuti dengan didirikannya  Inkubator Bisnis Teknologi - Politeknik Negeri  Pontianak(INBISTEK-POLNEP) pada tahun 2018 dengan tujuan menjaga keberlanjutan untuk mendukung terciptanya entitas usaha baru berbasis pengetahuan/vokasi yang memiliki potensi pertumbuhan; menyediakan layanan yang memiliki nilai tambah dalam proses mengubah ide menjadi usaha nyata;Serta menyediakan dukungan kelangsungan usaha melalui layanan dasar organisasi demi menjaga motivasi dan mendorong kolaborasi. 

Dengan Pengalaman dan sumberdaya yang dimiliki diatas, melalui Kegiatan “Vocational Traning Program KOTAKU 2022” Polnep telah dipercaya menjadi mitra penyelengara “KEGIATAN PELATIHAN BUSINESS DEVELOPMEN CENTER (BDC) PILOT-PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) PROV.KALIMANTAN BARAT 2022. Melalui kegiatan ini, POLNEP berkontribusi sebagai Pelaksana Sekaligus Penyedia narasumber internal/eksteral dan Mentor yang memfasilitasi pengembangan Kapasistas (capacity building) bagi  BDC dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) binaan nya selama 4 hari intensif dan mentoring selama 3 bulan, ungkapnya.

Diharapkan di akhir Pelatihan Vokasi ini BDC dapat mengembang kan layanan pendukung Usaha (Business Support Services) kepada KSM binaan nya secara mandiri dan terstruktur sesuai dengan Best Practice dari Sebuah BDC, yang menjadi output dari kegiatan ini. Dan tentunya KSM binaan yakni UMKM dan IKM di wilayah kota Pontianak dapat menerima manfaat dalam pengembangan usaha nya masing-masing, ujar mengakhiri sambutan. Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Bappeda Kota Pontianak mewakili Walikota Pontianak. 

(Erwandi – Pranata Humas Ahli Madya)


Tags: No Tags

26 Comments


Leave a Comment

Recent Posts