JURUSAN TEKNOLOGI PERTANIAN POLNEP LATIH KELOMPOK TANI SARI REJO 2

Image

by ully sartika 2 minggu yang lalu 25 comments 225 views

Jurusan Teknologi Pertanian Politeknik Negeri Pontianak kembali melakukan pembinaan kelompok tani. Kali ini  yang mendapat pembinaan yaitu Kelompok Tani Sari Rejo 2 Dusun Mulyorejo Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Jurusan Teknologi Pertanian merupakan rangkaian dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan pembinaan ini merupakan rangkaian kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Jurusan Teknologi Pertanian. Kegiatan dilaksanakan hari Minggu, 4 September 2022 di rumah prooduksi Kelompok Tani Sari Rejo 2 Dusun Mulyoreja Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.

Kegiatan difokuskan pada peningkatan Nilai Tambah Nenas Melalui Penganekaragaman Olahan yang ada di desa Limbung Kecamtan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.  Sebagai Ketua Tim kegiatan Fenny Imelda, STP, M.Si.  sumber dana kegiatan dari DIPA Politeknik Negeri Pontianak Tahun Anggaran 2022, ujar Fenny.

Lebih lanjut, Fenny mengungkapkan bahwa kegiatan berupa penyuluhan tentang diversifikasi olahan nenas dalam upaya peningkatan nilai tambah dan transfer teknologi tepat guna berupa pelatihan pengolahan nenas oleh tim Teknologi Pertanian. Peserta kegiatan adalah ibu-ibu anggota Kelompok Tani Sari Rejo 2, ujarnya.

Fenny mengungkapkan, kegiatan ini sebagai bentuk tri dharma perguruan tinggi, dengan mengangkat komoditas nenas yang dibudidayakan oleh Kelompok Tani Sari Rejo 2. Diversifikasi olahan nenas yang dibuat adalah manisan kering, jeli, dan sirup nenas, dengan memanfaatkan daging buah nenas. Kulit luar, mata dan empulur nenas yang jarang dimanfaatkan dan seringkali hanya menjadi limbah dimanfaatkan untuk pembuatan nata de pina. Olahan tersebut dapat diaplikasikan di rumah tangga dengan peralatan sederhana, ujarnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Sungai Raya Bapak Haryono, AMd., didampingi PPL Desa Limbung Bapak Mukhridin, S.PKP dan Sub Koordinator PPHP Bidang Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kubu Raya Bapak Tri Joko Wibowo, SP., ME. 

Tri Wibowo dalam sambutannya mengatakan, menyambut baik kegiatan ini dimana komoditas yang diangkat sesuai dengan komoditas pertanian utama Kelompok Tani Sari Rejo 2. Lebih lanjut jelaskannya, bahwa Transfer Teknologi Tepat Guna (TTG) akan meningkatkan ketrampilan dan wawasan peserta dalam mengolah nenas, yang nantinya dapat digunakan sebagai modal awal dalam memulai usaha rumah tangga. Saya berharap Besar agar kegiatan PPM oleh Polnep ini tidak terhenti sampai pelatihan selesai dilaksanakan saja, ujarnya berharap.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Sari Rejo Suryadi mengatakan bahwa anggota Poktan Sari Rejo 2 sebelumnya telah memperoleh pelatihan pengolahan nenas menjadi selai dan dodol. Olahan nenas yang dikenalkan pada kegiatan ini merupakan sesuatu yang baru bagi anggota Kelompok Tani Sari Rejo 2. Ketrampilan yang diperoleh pada kegiatan ini dapat dijadikan cemilan sehat untuk keluarga ataupun modal awal dalam memulai usaha rumah tangga. Produk yang dihasilkan pada kegiatan ini selain memiliki umur simpan yang panjang, memiliki citarasa yang khas dan dikemas menarik sehingga bernilai jual, ujarnya.

(Erwandi – Pranata Humas Ahli Madya)


Tags: No Tags

25 Comments


Leave a Comment

Recent Posts