JURUSAN TEKNOLOGI PERTANIAN POLNEP MEMBERIKAN BIMTEK KELOMPOK PRODUSEN BENIH HORTIKULTURA KARYA BARU DESA LIMBUNG

Image

by ully sartika 3 minggu yang lalu 17 comments 186 views

Jurusan Teknologi Pertanian Polnep melaksanakan Bimtek Perbanyakan Benih Nenas dan Pisang Menggunakan Teknik Kultur Jaringan pada Kelompok Produsen Benih Hortikultura Karya Usaha Bersama Desa Limbung Kabupaten Kubu Raya.

Pelaksanaan kegiatan atas permintaan Ketua Kelompok Produsen Benih Hortikultura Karya Usaha Bersama, Bapak Moani.  Kelompok ini merupakan produsen bibit nenas dan pisang kepok di Desa Limbung, Kubu Raya yang sudah berhasil memasarkan bibitnya hingga keluar Kalimantan Barat. 

Namun tingginya permintaan bibit membuat Pak Moani dan anggota kelompoknya membutuhkan teknik perbanyakan yang dapat menghasilkan bibit secara massal dan unggul, ujar Ledy Purwandani Ketua Jurusan Teknologi Pertanian Polnep yang sekaligus menjadi Ketua Tim. Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa Kelompok produsen benih ini sedang merencanakan pembentukan laboratorium kultur jaringan. Oleh karena itu, Ketua kelompoknya meminta Juruan Teknologi Pertanian Polnep untuk dilatih teknik kultur jaringan.  Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 September 2022. Tim Dosen yang turun pada kegiatan ini terdiri dari Ledy Purwandani selaku Ketua Tim sekaligus  dan beranggotakan Dwi Isyana Achmad, Tika Rahma Yunita dan Fenny Imelda. Kegiatan melibatkan teknisi Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan, yaitu Mauludin dan 2 orang mahasiswa. 

Kegiatan terdiri dari Pemaparan materi singkat terkait Kultur Jaringan Tanaman, dan dilanjutkan dengan pelatihan cara pemilihan bahan tanam (eksplan) nenas dan pisang yang baik, sterilisasi eksplan dan cara kultur eksplan pada media pertumbuhannya, ungkap Ledy Purwandari.

Dijelaskannya, tujuannya bimbingan teknis ini untuk memperkenalkan teknik perbanyakan kultur jaringan kepada Peserta dan memberikan keterampilan yang dapat diaplikasikan untuk membantu Kelompok Produsen Benih Karya Usaha Bersama memenuhi permintaan pasar akan bibit nenas dan pisang yg unggul dan seragam. Dan tindak lanjutnya akan ada pendampingan selama mitra membangun laboratorium Kultur Jaringannya. Bimtek diikuti 16 anggota kelompok produsen benih hortikultura Karya Usaha Bersama.

(Erwandi – Pranata Humas Ahli Madya)


Tags: No Tags

17 Comments


Leave a Comment

Recent Posts