KUNJUNGAN UNIVERSITY OF GĂ–TTINGEN DAN GIZ GRASS KE PDD POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK KABUPATEN KAPUAS HULU BAHAS RENCANA KOLABORASI PENELITIAN

Image

by ully sartika 3 minggu yang lalu 0 comments 598 views

Program Studi di Luar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Pontianak Kabupaten Kapuas Hulu menerima kunjungan dari perwakilan tim University of Göttingen Jerman didampingi oleh perwakilan tim proyek GRASS GIZ (Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit).

Disambut oleh Reza Farhandasi, S.T.M.,Tr.T selaku Pelaksana Harian, pertemuan ini membahas sejumlah topik berkaitan dengan rencana penelitian University of Göttingen di Kecamatan Silat Hilir, Kapuas Hulu secara spesifik berfokus pada pengembangan potensi ekonomi petani lokal melalui budidaya lebah kelulut di area perkebunan sawit mandiri. Selain itu, rencana penelitian ini nantinya diharapkan dapat berkontribusi dalam memantik penelitian serupa lainnya dalam me mewujudkan pertanian berkelanjutan di Kapuas Hulu.

Kolaborasi kontrit proyek penelitian ini akan direalisasikan dengan pelibatan dua alumni dari PDD Polnep yang secara aktif akan terlibat dalam proyek sebagai enumerator selama penelitian berlangsung. Pendampingan akan dilakukan dalam mempersiapkan kemampuan teknis terhadap metode penelitian yang akan dilakukan. 

Dengan kolaborasi ini, hal tersebut menunjukkan komitmen antara lembaga pendidikan dan peneliti lokal dengan institusi internasional dalam memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan ekonomi masyarakat lokal, khusus petani dalam konteks ini.

Dalam sambutannya, penasihat teknis GIZ GRAS, Syamsul Abidin, menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan bukti nyata dari kerjasama yang solid antara pihak terlibat. Charlotte Reich Doctoral Researcher University of Göttingen juga mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan dan kesempatan yang diberikan oleh PDD Politeknik Negeri Pontianak Kabupaten Kapuas Hulu. Pelaksana Harian PDD Politeknik Negeri Pontianak Kabupaten Kapuas Hulu, Reza Farhandasi, menggarisbawahi pentingnya pertemuan ini sebagai sarana untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman antara kedua belah pihak. Beliau juga menyampaikan harapan bahwa kolaborasi ini akan memberikan dampak positif dalam berbagai aspek. 

Selanjutnya, koordinasi antar semua pihak akan diperkuat secara khusus dalam menyusun rencana pengumpulan data awal atau studi baseline yang ditargetkan akan segera diimplementasikan. 


Ditulis oleh: Muhammad Nasir, Pengelola PDD Polnep Kapuas Hulu

Editor: Dorpaima Lumban Gaol, Communications and Knowledge Management Adviser, GIZ GRASS


Tags: No Tags

0 Comments


Leave a Comment

Recent Posts