POLNEP KERJASAMA BALAI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PROVINSI KALBAR LAKUKAN PENELITIAN PELESTARIAN BIODERSITI HUTAN

Image

by ully sartika 1 minggu yang lalu 7 comments 90 views

Politeknik Negeri Pontianak kembali melakukan kerjasama dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian kali ini fokus pada pemanfaatan potensi hutan berbasis pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar hutan serta pelestarian Biodersity Hutan. Hasil penelitian atau riset ini dilakukan seminar akhir yang diselenggarakan di ruang rapat lt. 3 Polnep, Senin, 19 September 2022. Kegiatan seminar hasil akhir ini dihadiri Pembantu Direktur I yang mewakili Direktur Polnep, Kepala Balitbang Provinsi Kalimantan Barat, Kepala UP2KM Polnep, Ketua Jurusan, para kepala Dinas Kabupaten Sanggau dan Kepala Bappeda Kabupaten Sanggau.

Penelitian swakelola, sebagai Ketua Dr. Purnamawati, M.Si (Kepala UP2KM) Polnep dan anggotnya tim dosen Polnep. Dalam sambutannya, Dr. Purnamawati mengatakan kerjasama Polnep dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat berupa riset tentang pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan IPM dan kesejahteraan masyarakat di sekitar hutan serta pelestarian biodersity. Purnamawati mengucapkan terima kasih  atas kepada Balitbang Provinsi Kalimantan Barat yang memberikan kepercayaan kepada kami (Polnep) untuk  melaksanakan risetnya. Harapan terbesar adalah kerjasama  tidak hanya sampai di sini, namun kita terus bekerjasama untuk pengembangan pembangunan di Kalimantan Barat, harapnya. 

Lebih lanjut di jelaskannya, hasil risetnya bisa bermanfaat bagi masyarakat dan khalayak ramai. Menurutnya, masih  banyak sumber daya alam kita yang dapat digali sebagai hasil yang dapat dibanggakan bagi Kalimantan Barat. Masih banyak peluang pengembangan sumber daya manusia melalui riset-riset. Purnamawati mengatakan, kerjasama Polnep dan Balitbang selain riset dapat juga dilakukan kerjasama terkait HAKI sampai ke produk, ujarnya berharap. 

Sementara itu, Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat Dr. Herkulana Mekarryani S, M.Si mengatakan, masukan dari  hasil penelitian yang dilakukan oleh tim riset Politeknik Negeri Pontianak diharapkan ada masukkan dari peserta. Hasil penetian ini akan kami sampaikan kepada pemerintah daerah atau instansi terkait yang ada di propinsi sebagai tindaklanjut untuk dijadikan kegiatan di dalam program maupun sub program di rencana kerja masing-masing perangkat daerah baik Kabupaten maupun yang ada di Propinsi, ujarnya.

Pembantu Direktur I Polnep Drs. Slamet Tarno, M.Si dalam sambutannya mengungkapkan bahwa ini bukan pertemuan biasa karena penelitian ini sesungguhnya marwah perguruan tinggi. Ini artinya berkembang atau tidaknya perguruan tinggi dari porspektif bidang akademik, ini beranjak dari hasil penelitian yang kita lakukan. Apalagi penelitian ini sangat bermanfaat tidak hanya dosenya tetapi juga bagi masyarakat, ujarnya. 

Dia juga menjelaskan bahwa informasi penelitian tentang pemanfaatan potensi hutan berbasis pemberdayaan masyarakat ini, yang menjadi penting adalah upaya peningkatan indek pembangunan manusia (IPM) dan kesejahteraan masyarakat di sekitar hutan. Dan ini informasi yang harus disampaikan secara spesifik, artinya harus memberikan gambaran kongkret yang dapat di ukur. Dan rekomendasikan yang diberikan ketika diimplementasikan oleh masyarakat di sekitar hutan terutama yang telah memanfaatkan hutan sebagian bagian dari seluruh kehidupannya dapat memberikan manfaat. Penelitian yang dilakukan rekomendasinya komplit, spesifik, ujarnya. 

Apalagi kalau dikaitkan dengan pelestarian biodersity hutan.  Konteknya adalah biodersity berarti ada flora dan founa. Ketika objek fokus dari penelitian ini memberikan potensi, maka harus disosialisasikan secara baik apa lagi ketika sasaran itu masuk dalam kelangkaan yang spesifik, ungkapnya. Karena kelangkaan itu sesungguhnya menjadi objek yang harus kita lindungi, sehingga ke depan masa depan anak cucu kita di Kalimantan Barat supaya tahu apa sebenarnya hutan itu dari sisi flora dan fauna. Oleh karena itu, penelitian ini sangat penting, ujarnya.

Dia juga berharap, hasil penelitian ini ke depan berkesinambungan agar ke depan apa yang kita hasilkan koperenship. Saya yakin tim Dr. Purnamawati telah melakukan hal-hal yang sangat baik. Bagaimana ke depan menjadikan penelitian benar-benar menjadi marwahnya perguruan tinggi. Mari kita dukung, saling memberikan support agar ke depan penelitian serupa menjadi penelitian yang lebih kongkrit. Pelestarian hutan, karena keberadaan hutan akan memberikan pengaruh besar bagi kehidupan, ungkapnya.

Mudah-mudahan kegiatan pemaparan laporan hasil akhir penelitian memberikan wawasan kita, bahwa hutan sangat diperlukan tidak hanya untuk kita tetapi manusia pada zamannya anak cucu kita. Oleh karena itu, pembangunan berkelanjutan, pembangunan untuk masa kini tetapi tidak merusak dan mementingkan generasi yang akan datang, ujar mengakhiri sambutan.

(Erwandi – Pranata Humas Ahli Madya)


Tags: No Tags

7 Comments


Leave a Comment

Recent Posts