POLNEP PERKUAT EKOSISTEM KEMITRAAN UNTUK PENGEMBANGAN INOVASI BERBASIS POTENSI DAERAH KALBAR

Image

by ully sartika 8 bulan yang lalu 0 comments 576 views

Direktur Polnep Dr. H. Widodo PS, S.T., M.T. menandatangani kontrak sebagai Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) Pengampu Program Penguatan Ekosistem Kemitraan untuk Pengembangan Inovasi berbasis Potensi Daerah pada Selasa  22 Agustus 2023 di Millenium Hotel Sirih Jakarta. Program yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini merupakan wadah kolaborasi antara satuan pendidikan vokasi dengan pemangku kepentingan di daerah dalam rangka mewujudkan keselarasan melalui kemitraan yang sinergis. Sinergiritas antara pendidikan vokasi, pemangku kepentingan daerah, dunia usaha dan dunia industri dalam mengembangkan potensi-potensi di daerah melalui kemitraan yang berkelanjutan. Program ini mendapatkan dukungan yang kuat dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam hal pendanaannya. Selain itu, program ini juga mendapatkan dukungan dan apresiasi yang tinggi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai bentuk Langkah membangun potensi-potensi yang ada di daerah dengan berbagai inovasi-inovasi yang sesuai dan berkelanjutan.

Program ini juga ditujukan untuk mendukung revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi. Polnep sendiri menjadi satu dari 20 PTV pengampu program, yang melibatkan 65 PTV lainnya baik PTV negeri maupun swasta dari 27 Provinsi di Indonesia. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc. menekankan pentingnya menghadapi tantangan pendidikan pasca pandemi Covid-19. Ia menyampaikan pendidikan vokasi memiliki potensi untuk menjembatani kesenjangan capaian belajar yang terjadi akibat pandemi. "Untuk mewujudkan ini, berbagai upaya dan kemitraan telah dijalin. Termasuk diantaranya program yang digagas untuk membangun ekosistem yang sistematis yang tidak hanya dipusatkan di Jakarta, namun juga di daerah-daerah sebagai episentrumnya".

Acara Kick Off Nasional Program Penguatan Ekosistem Kemitraan untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah dirangkai dengan pelatihan foresight, dynamic system, serta pengelolaan komunikasi dan media massa yang diikuti oleh anggota tim kerja konsorsium di setiap daerah.


Tags: No Tags

0 Comments


Leave a Comment

Recent Posts