PROSESI PENYAMBUTAN MAHASISWA BARU POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

Image

by ully sartika 2 minggu yang lalu 14 comments 225 views

Selamat datang kami sampaikan kepada mahasiswa baru tahun ajaran 2022-2023. Penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2022-2023 memiliki tiga keistimewaan yaitu untuk pertama kalinya mahasiswa baru disambut dalam rapat terbuka senat Politeknik Negeri Pontianak. Keistimewaan ke dua, Saudaralah yang pertama kalinya menempati aula gedung terpadu yang kita banggakan ini. Keistimewaan ke tiga merupakan angkatan terakhir yang saya sambut. Karena insyaalah periode ke dua kepemimpinan saya akan berakhir pada bulan Maret 2023, ujar Direktur mengawali sambutannya kegiatan menerima mahasiswa baru dalam rapat terbuka senat Politeknik Negeri Pontianak di aula gedung terpadu, Selasa, 6 September 2022 yang dihadiri seluruh anggota senat dan para undangan lainnya.

Oleh karena itu, saya sangat bangga kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan penerimaan mahasiswa baru ini yang sudah berjalan dengan baik. Direktur mengungkapkan bahwa mahasiswa baru angkatan tahun 2022-2023 berjumlah 2.426 mahasiswa dikampus utama dengan 8 Jurusan dan 22 program studi. Tahun ini merupakan jumlah mahasiswa yang diterima terbanyak dari tahun sebelumnya. 

Adik-adik mahasiswa baru merupakan langkah awal anda memasuki dunia pendidikan tinggi sebagai harapan bangsa dan negara, saya selaku manajemen Politeknik Negeri Pontianak siap memfasilitasi saudara-saudara dalam menggapai cita-cita. InsyaaAllah seluruh sumber daya, seluruh asset yang ada diperuntukan untuk kepentingan anda semua, ujar Direktur Polnep H. Muhammad Toasin Asha. Lebih lanjut ditegaskannya, pemilih sah kampus ini pada hakekatnya untuk mahasiswa. Oleh karena itu, seluruh komponen di kampus ini (Polnep), kita ada karena ada mahasiswa. Dosen ada karena ada mahasiswa, karyawan ada karena ada mahasiswa. 

Direktur menegaskan, kita telah membuat slogan Polnep “Mantap” (melayani tanpa pamrih), yang disambut tepuk tangan seluruh mahasiswa dan karyawan. Saya yakin, adik-adik yang masuk tahun ini merupakan mahasiswa pilihan yang merebutkan kursi 2.426. Oleh sebab itu, saya berharap dikesempatan yang baik ini dimanfaatkan sebaik-baiknya dan kampus ini adalah tempat untuk mencari ilmu, untuk mendapatkan kompetensi-kompetensi,  untuk mendapatkan hard skill, soft skill untuk masa depan anda semua.

Saya titipkan kepada adik-adik semua kampus ini dijaga, dirawat. Pasilitas yang ada dirawat sedemikian rupa sehingga awal untuk kita pakai jangka panjang, ujarnya. Kampus ini pemilik sah adalah mahasiswa, sehingga barang-barang yang di kampus ini harus dipergunakan sebaik mungkin. Sebagai mahasiswa baru, tentu belum mengenal semua lingkungan kampus ini, oleh karena itu dilakukanlah pengenalan kampus, ujarnya. Lebih lanjut dikatakannya, melalui PKKMB ini mahasiswa baru dapat mengenal kampusnya, mengenal Jurusannya. 

Dengan status-status mahasiswa, kebiasaan-kebiasaan diwaktu SMA/SMK tentu berubah dengan sendirinya setelah memasuki dunia pendidikan tinggi. Anda akan mengikuti proses pembelajaran, dan keberkahan ilmu yang hakekat itu adalah bagaimana anda memberikan rasa hormat kepada seluruh Dosen dan Tenaga kependidikan yang melayani anda, ungkapnya. Baru berkah ilmu yang anda dapatkan, bila anda senantiasa rasa hormat kepada Dosen-dosen yang mengajar anda. Dengan segala tingkahlakunya, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Tentu tidak menutup kemungkinan adik-adik melakukan pelaporan secara berjenjang jika ada unsur-unsur karyawan/tenaga pendidik melakukan hal-hal di luar batas. 

Di kampus ini (Polnep) ada Satgas Perlindungan Terhadap Kekerasan seksual. Jika ada seniornya melakukan perlakuan tidak pada tempatnya silakan dilaporkan, kita akan proses, tegasnya Direktur. Dia juga menceritakan bahwa di zaman dia waktu mahasiswa baru, saat diplonco diberitahu bahwa anda dicabut haknya menjadi manusia. Namun pada hari ini saya katakan kepada anda bahwa anda tetap sebagai manusia. Tidak boleh melakukan di luar kewajaran sebagai manusia. Seluruh kegiatan mahasiswa baru ini, seluruh yang sifatnya perpoloncoan tidak diperkenankan, tegasnya. Saya tidak segan-segan menindak tegas kepada siapa saja, senior, panitia yang melakukan perpoloncoan di luar batas. Penerimaan mahasiswa baru bukan diperuntukan melakukan perpeloncoan. 

Pengenalan kampus penting bagi adik-adik untuk  bisa lebih jauh melihat kehidupan kampus sesungguhnya. Oleh karena itu, Saya berharap banyak adik-adik sebagai harapan bangsa dan negara, dipundak adik-adik semua kejayaan bangsa ke depan ditentukan. Dan dengan rasa bangga, saya mengatakan bahwa adik-adik semua adalah generasi pelanjut bangsa ini ke depan. Selamat memasuki dunia pendidikan tinggi di Politeknik Negeri Pontianak tepat waktu, tepat aturan, tepat ukuran, ujarnya mengakhiri sambutan. Kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan jaket almamater oleh Direktur kepada perwakilan mahasiswa baru dan disaksikan Ketua Senat, Pembantu Direktur I dan Pembantu Direktur III.

(Erwandi – Pranatan Humas Ahli Madya)


Tags: No Tags

14 Comments


Leave a Comment

Recent Posts