UPACARA PERINGATAN HUT KE-78 RI DI POLNEP

Image

by ully sartika 10 bulan yang lalu 8 comments 518 views

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang mengusung tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju, Politeknik Negeri Pontianak menyelenggarakan upacara bendera yang dipimpin langsung oleh Direktur Polnep Dr. H. Widodo PS, S.T., M.T selaku Pembina Upacara. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman gedung utama Polnep diikuti seluruh manajeman, para ASN, PPNPN serta mahasiswa. Dalam kesempatan itu, Direktur menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dalam sambutannya ia menegaskan bahwa layaknya perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan Republik Indonesia, Merdeka Belajar juga digerakkan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan semangat gotong royong. Oleh sebab itu ia menyinggung pentingnya kolaborasi. Dari para pendahulu bangsa, kita belajar bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Kemerdekaan Indonesia tidak dihadiahkan oleh bangsa asing, tetapi dipertaruhkan dengan seluruh jiwa dan raga. Perjuangan itu masih kita teruskan sampai hari ini dengan Merdeka Belajar yang telah kita gerakkan selama empat tahun terakhir

Dalam prosesi upacara juga dilaksanakan pemberian penghargaan dan penyematan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 24 orang perwakilan pegawai penerima penghargaan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo. Penghargaan diberikan kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, negara dan pemerintah serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan dan disiplin secara terus-menerus paling singkat 10, 20 atau 30 tahun. Di kesempatan ini Direktur juga menyerahkan cinderamata kepada empat ASN Polnep yang memasuki purna tugas. Keempat ASN tersebut adalah Drs. Erwandi, M.Si. unit humas, Ir. Dominikus Baen, M.T. dosen jurusan Teknik Sipil, Drs. H. Masril, M.Pd. dosen jurusan Teknik Mesin, dan Dr. Halasan Sihombing dosen jurusan Teknik Elektro.

Selanjutnya Direktur juga menyerahkan penghargaan kepada jurusan dengan kontribusi data capaian tertinggi dalam rangka pengukuran IKU Polnep pada semester pertama tahun 2023. Kategori pertama diberikan kepada jurusan Teknik Mesin dengan persentase mahasiswa S1 dan D4/D3/D2 yang menghabiskan paling sedikit 20 SKS di luar kampus, atau meraih prestasi paling rendah tingkat nasional, tertinggi di polnep (IKU 2). Kategori kedua diberikan kepada jurusan Akuntansi dengan persentase dosen tetap berkualifikasi akademik S3, memiliki sertifikat kompetensi/profesi yang diakui oleh industri dan dunia kerja atau berasal dari kalangan praktisi profesional, dunia industri atau dunia kerja. Kategori ketiga diberikan kepada jurusan Teknik Arsitektur dengan persentase mata kuliah S1 dan D4/D3/D2 yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus atau pembelajaran kelompok berbasis projek sebagai sebagian bobot evaluasi. Kategori terakhir diberikan kepada jurusan Teknik Arsitektur dengan persentase dosen yang berkegiatan tri dharma di kampus lain, di QS 100 berdasarkan bidang ilmu, bekerja sebagai praktisi di dunia industri atau membina mahasiswa yang berhasil meraih prestasi paling rendah tingkat nasional dalam 5 tahun terakhir.

Di kesempatan ini Direktur juga melakukan pelepasan mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 3 tahun 2023. Sebanyak 64 mahasiswa yang lolos mengikuti program ini dengan tujuan 11 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Tujuan Institut Pertanian Bogor 3 orang, Politeknik Negeri Bali 4 orang, Politeknik Negeri Batam 10 orang, Politeknik Negeri Jakarta 3 orang, Politeknik Negeri Madiun 3 orang, Politeknik Negeri Malang 3 orang, Politeknik Negeri Semarang 6 orang, Politeknik Negeri Sriwijaya 5 orang, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh 2 orang, Universitas Gadjah Mada 5 orang dan terakhir Universitas Padjadjaran 20 orang. Dilepas juga 4 orang Mahasiswa Polnep penerima beasiswa IISMA tahun 2023. Adinda Putri prodi D4 Perencanaan Perumahan dan Pemukiman di terima di University of Missouri Kansa Amerika Serikat, Cassandra Effrida Susilo prodi D4 Akuntansi di terima di Asia University Taiwan, Devira Melinda Gustiono prodi D3 Akuntansi di terima di Teesside University Inggris dan terakhir Tania Diah Ayuni prodi D4 Perencanaan Perumahan dan Pemukiman di terima di Ecole Superieure du Bois Prancis.


Tags: No Tags

8 Comments


Leave a Comment

Recent Posts